kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,90   -2,03   -0.21%
  • EMAS1.164.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Profil Menpora Baru Dito Ariotedjo, Jokowi Beri Tiga Tugas Khusus


Selasa, 04 April 2023 / 04:05 WIB
Profil Menpora Baru Dito Ariotedjo, Jokowi Beri Tiga Tugas Khusus


Sumber: Sekretariat Kabinet RI,Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Simak profil Dito Ariotedjo, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) baru di bawah kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Ditunjuk jadi Menpora baru, Dito Ariotedjo mendapat tiga tugas khusus dari Presiden Jokowi.

Menpora baru, Dito Ariotejdo memiliki nama lengkap Ario Bimo Nandito Ariotedjo. Menpora baru Dito Ariotedjo mengisi kursi kosong Menpora yang ditinggalkan Zainudin Amali karena memilih menjadi Wakil Ketua PSSI.

Presiden Jokowi melantik menpora baru Dito Ariotedjo pada Senin 3 April 2023. Dito Ariotedjo menjadi Menpora baru untuk sisa masa jabatan periode 2019-2024.

Dilansir dari website Sekretariat Kabinet, Presiden Jokowi memberikan tiga pesan khusus untuk Menpora baru Dito Ariotedjo. Pesan untuk Menpora baru ini terkait desain besar olahraga dan juga sentra pelayanan kepemudaan nasional.

Baca Juga: Dito Ariotedjo, Sohib Raffi Ahmad di Rans Nusantara Resmi Jadi Menteri Termuda Jokowi

Pesan pertama Jokowi untuk Menpora baru Dito Ariotedjo adalah setiap agenda SEA Games dan Asian Games, Indonesia dapat memprioritaskan cabang olahraga (cabor) yang memiliki potensi meraih medali.

“Jadi harus efisien tetapi kita mendapatkan hasil medali yang terbaik,” ujar Menpora baru Dito Ariotedjo.

Kedua, Presiden Jokowi meminta agar gelaran kompetisi olahraga dimasifkan sejak usia dini di sekolah dan berbagai lapisan masyarakat. “Pak Presiden ingin liga-liga pertandingan olahraga itu masif dilaksanakan di level tingkat pendidikan sekolah dan kuliah, dan juga untuk rakyat kita diminta untuk menggalakkan liga antarkampung,” kata Dito.

Ketiga, Presiden Jokowi mendorong Menpora baru untuk mewujudkan ekosistem industri olahraga yang semakin maju. “Pak Presiden sangat peduli dan ingin ekosistem sport industry Indonesia ini semakin maju dan semakin established,” ujar Menpora baru Dito Ariotedjo.

Selain itu, Presiden Jokowi juga memberikan perhatian khusus mengenai pengembangan kewirausahaan bagi pemuda Indonesia. “Untuk pemuda, Pak Presiden ingin pengembangan pemuda itu lebih kepada arah kewirausahaan dan juga profesionalitas dan dengan capaian indeks pembangunan pemudanya naik,” ujarnya.

Dito pun menegaskan, dirinya akan melanjutkan program di bidang keolahragaan dan kepemudaan yang sudah dimulai oleh Menpora sebelumnya, Zainudin Amali.

“Yang pasti melanjutkan apa yang sudah dimulai dari sebelumnya, Pak Zainudin Amali. Semua program seperti Desain Besar Olahraga dan juga sentra pelayanan kepemudaan nasional,” tandasnya

Profil Menpora baru Dito Ariotedjo

Dilansir dari Kompas.com, Menpora baru Dito Ariotedjo memiliki nama lengkap Ario Bimo Nandito Ariotedjo. Selama ini Menpora baru Dito Ariotedjo dikenal sebagai anggota tim ahli Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sejak April 2022.

Dito Ariotejdo adalah politisi muda dari Partai Golkar yang bergabung dengan partai tersebut sejak tahun 2016. Dikutip dari Kompas.tv, Menpora baru Dito Ariotedjo lahir di Jakarta pada 25 September 1990 atau kini berusia 32 tahun.

Menpora baru Dito Ariotedjo diketahui pernah menjadi Ketua Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) dan juga sempat mengikuti organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Selain itu Menpora baru Dito Ariotedjo juga pernah menjadi Ketua Pengurus Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Provinsi DKI Jakarta demi menyalurkan hobinya di bidang olahraga.

Pada tahun 2018, Dito Ariotejdo dipercaya Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Komite Olimpiade Indonesia menjadi CdM (Chef de Mission) atau Ketua Kontingen Indonesia Youth Olympic Games 2018 di Buenos Aires, Argentina.

Aktivitasnya di dunia olahraga di antaranya berkecimpung bersama Raffi Ahmad dan CEO Prestige Motor, Rudy Salim membentuk Rans Sport dan menjabat sebagai Chairman Rans Nusantara FC, klub sepakbola yang berbasis di Jakarta dan Chairman RANS PIK Basketball.

Dikutip dari TribunNews (21/3/2023) Dito Ariotejdo adalah anak dari Arie Prabowo Ariotedjo yang merupakan pengusaha pertambangan. Ario pernah menjabat sebagai Dirut Antam pada 2017-2019.

Dito Ariotejdo juga adalah cucu perwira TNI angkatan 45, Marsdya TNI (Purn) alm. Sri Bimo Ariotedjo. Saat proses penyusunan Kabinet Indonesia Maju tahun 2019 lalu, Dito Ariotedjo masuk dalam daftar 10 calon menteri yang disodorkan Airlangga Hartarto kepada Jokowi meskipun saat itu ia tidak terpilih.

Itulah profil Menpora baru Dito Ariotedjo dan tugas khusus dari Presiden Jokowi. Selamat bertugas Menpora baru Dito Ariotedjo.

Kompascom+ baca berita tanpa iklan: https://kmp.im/plus6
Download aplikasi: https://kmp.im/app6

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×