kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45936,09   7,74   0.83%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wapres Dorong Pembentukan KDEKS di Daerah


Minggu, 09 Oktober 2022 / 13:12 WIB
Wapres Dorong Pembentukan KDEKS di Daerah
ILUSTRASI. Wakil Presiden Ma'ruf Amin (kiri) didampingi Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi (kanan). ANTARA FOTO/Rizal Hanafi/Zk/nz


Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma'ruf Amin mendorong pembentukan Komite Daerah Ekonomi Keuangan Syariah (KDEKS) di daerah. Hal ini sebagai upaya menciptakan pemerataan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan potensi sektor unggulan ekonomi dan keuangan syariah di daerah.

Adapun, hingga saat ini telah terbentuk KDEKS di beberapa provinsi. Antara lain di NTB, Sumatra Barat, Riau dan Sumatra Selatan. Wapres menyampaikan, perkembangan ekonomi dan keuangan syariah kini telah mengalami peningkatan, walaupun belum signifikan dan sangat perlu percepatan.

Tercatat per Juni 2022, pangsa pasar keuangan syariah Indonesia menurut OJK berada pada angka 10,41%, meningkat dari angka 10% pada tahun sebelumnya. Begitu pula literasi masyarakat Indonesia terhadap ekonomi syariah baru mencapai sekitar 20%, meningkat dari tahun 2019 yakni sebesar 16,28%.

Capaian pada dua indikator ekonomi syariah tersebut setidaknya menjelaskan bahwa masih terdapat peluang yang cukup besar untuk mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah.

Baca Juga: Dukung Peningkatan Literasi Terhadap Peserta Didik

Oleh karena itu, diperlukan program-program kerja sebagai daya ungkit untuk menggerakkan ekonomi syariah lebih cepat, tumbuh lebih baik, dan berkontribusi lebih besar terhadap sektor riil perekonomian nasional.

Wapres berharap, Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) menjadi salah-satu lokomotif untuk mendorong perkembangan ekonomi dan keuangan syariah dengan cepat.

Menurutnya, diperlukan gerak yang lebih cepat dan lebih kompak dari seluruh pemangku kepentingan ekonomi dan keuangan syariah, tidak hanya di pusat, tetapi terlebih di daerah. Selain menjadi kantong pertumbuhan, daerah juga menjadi ujung tombak pemerataan kesejahteraan masyarakat.

"Dalam konteks inilah pembentukan KDEKS di daerah yang merupakan kepanjangan tangan dari KNEKS sangat strategis," kata Ma'ruf dalam pembukaan Silaturahim Kerja Nasional Masyarakat Ekonomi Syariah Tahun 2022, Sabtu (8/10).

Baca Juga: Ma’ruf Amin Minta Penguatan Global Halal Hub Dipercepat

Wapres mengatakan, pembentukan KDEKS dalam rangka menggali dan mengembangkan potensi sektor-sektor unggulan ekonomi dan keuangan syariah di daerah. Seperti industri produk halal, jasa keuangan syariah, dana sosial syariah.

"Serta bisnis dan kewirausahaan syariah, termasuk penguatan terhadap UMKM industri halal," ucap Wapres.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×