kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ma’ruf Amin Minta Penguatan Global Halal Hub Dipercepat


Jumat, 07 Oktober 2022 / 13:42 WIB
Ma’ruf Amin Minta Penguatan Global Halal Hub Dipercepat
ILUSTRASI. Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta akselerasi penguatan ekosistem Global Halal Hub (GHH) agar dipercepat.


Reporter: Siti Masitoh | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta akselerasi penguatan ekosistem Global Halal Hub (GHH) agar dipercepat. Menurutnya penguatan Global Halal Hub ini akan makin mengintegrasikan antara produsen dengan pemangku kepentingan dalam ekosistem halal dan mempermudah proses hilirisasi produk dan jasa halal.

“Pada kesempatan ini saya ingin menekankan sekali lagi beberapa pesan untuk mencapai target-target yang akan memberikan Efek berganda, yakni dengan kselerasi penguatan Global Halal Hub,” tutur Ma'ruf dalam sambutannya saat membuka Indonesia Sharia Economy Festival (ISEF), Kamis (6/10).

Ma'ruf  mengistilahkan GHH tersebut sebagai hamzah washal yakni penghubung atau offtaker produk-produk halal. Menurutnya, untuk melakukan penguatan GHH diantaranya dengan melakukan beberapa hal.

Baca Juga: Pameran Bisnis Syariah ISEF 2022 Hasilkan Rp 9,43 Triliun

Pertama, terintegrasinya pelaku UMKM dan pemangku kepentingan lainnya dalam sebuah ekosistem halal akan mempermudah proses hirilisasi yang akan meningkatkan kualitas dan daya saing produk dan jasa halal.

Menurutnya, Indonesia memiliki beragam produk mulai dari pertanian, perkebunan, kelautan, pertambangan dan sebagainya. Namun, ragam dan banyaknya komoditas ini tidak diikuti dengan hilirisasi dan pemasaran produk.

Kedua, perlunya memperbanyak para off-taker atau hamzah washal di Indonesia dari berbagai unsur diantaranya Bank Indonesia dan para pengusaha. Peran pengusaha sebagai off-taker perlu dimasifkan agar produk-produk pertanian, perkebunan, maupun kelautan bisa menembus pasar global.  

Ketiga, kepandaian menghirilisasi sumber daya alam dan juga sekaligus bentuk tanggung jawab dalam mengelola karunia Allah SWT.

Lebih lanjut, Ma'ruf juga mendorong penguatan ekosistem halal value chain (HVC) dengan meningkatkan integrasi model bisnis dan infrastruktur dari hulu sampai hilir. Serta memastikan proses akhirnya mampu menghasilkan produk lokal berkualitas tinggi.

Penguatan ekosistem Halal value chain ini, dilakukan dengan memperkuat dukungan industri keuangan, perbankan, asuransi, logistik, dan sektor syariah lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×