kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45988,75   -13,63   -1.36%
  • EMAS948.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.06%
  • RD.CAMPURAN -0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.32%

Tuntaskan kasus lama, Polda Metro Jaya panggil Eggi Sudjana sebagai tersangka makar


Kamis, 03 Desember 2020 / 10:11 WIB
Tuntaskan kasus lama, Polda Metro Jaya panggil Eggi Sudjana sebagai tersangka makar
ILUSTRASI. Politikus PAN Eggi Sudjana (tengah) bersiap menjalani pemeriksaan di Dirkrimum Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (13/5/2019).


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Polda Metro Jaya akan membuka kasus lama dengan mengagendakan pemeriksaan tersangka dugaan makar, Eggi Sudjana. Eggi dijadwalkan menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya, pada Kamis (3/12/2020) pukul 10.00 WIB.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, pemanggilan Eggi untuk melengkapi berkas perkara kasusnya yang bergulir sejak 2019.

"Nanti kita cek semua (berkas perkara), Kita panggil (Eggi) untuk melengkapi. Kalau dipanggil sebagai tersangka kan untuk melangkapi (berkas)," ujar Yusri pada Rabu (2/11/2020).

Menurut Yusri, pengusutan kembali kasus Eggi merupakan perintah Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran yang ingin menuntaskan kasus-kasus lama.

"Sekarang ini kasusnya berlanjut karena memang skala prioritas programnya (Kapolda) juga menuntaskan kasus-kasus yang lama, menyangkut masalah Eggi itu masalah makar ya," katanya.

Baca Juga: Eggi Sudjana: Jokowi harus bersyukur prabowo bersedia jadi Menhan

Eggi sendiri telah ditetapkan tersangka kasus dugaan makar atas seruan people power yang dilontarkan di kediaman Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, pada 17 April 2019.

Sejak 14 Mei, Eggi sempat ditahan di Rutan Polda Metro Jaya. Ia kemudian mengajukan penangguhan penahanan dengan penjamin anggota Komisi 3 DPR RI Sufmi Dasco Ahmad dan pihak keluarga Eggi.

Permohonan penangguhan penahanan itu dikabulkan oleh penyidik sehingga Eggi keluar dari tahanan Polda Metro Jaya, pada 24 Juni. Pada 16 September 2019, Eggi mengirim surat kepada Presiden Joko Widodo untuk meminta klarifikasi soal kasus yang menjeratnya.

Surat dengan nomor surat 03/AH-P/IX/2019 itu juga ditujukan kepada Kapolri saat itu, Jenderal Pol Tito Karnavian dan Kapolda Metro Jaya saat itu Irjen Pol Gatot Eddy Pramono.

Kuasa hukum Eggi, Alamsyah Hanafiah mengatakan, melalui surat tersebut kliennya mempertanyakan apakah Presiden Jokowi merasa terancam digulingkan dari pemerintahan atas seruan people power yang dilontarkan Eggi Sudjana.

Baca Juga: Polisi kabulkan penangguhan penahanan Eggi Sudjana, apa alasannya?

Selain itu, menurut Alamsyah, Presiden seharusnya menginstruksikan polisi untuk menghentikan penyidikan kasus tersebut karena tidak ada bukti untuk menetapkan Eggi sebagai tersangka.

"Kalau dia (Presiden Jokowi) tidak merasa terganggu atau digulingkan, mohon perlindungan hukum dan dihentikan penyidikannya. Mohon diklarifikasi, sehingga dia tidak berstatus tersangka," ujar Alamsyah di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (19/9/2019). (Muhammad Isa Bustomi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Polda Metro Buka Kasus Lama, Eggi Sudjana Dipangggil sebagai Tersangka Kasus Makar Hari Ini",

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Certified Supply Chain Analyst (CSCA) Batch 7 Financial Modeling Fundamental

[X]
×