kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45806,19   -5,40   -0.67%
  • EMAS1.065.000 1,04%
  • RD.SAHAM 0.85%
  • RD.CAMPURAN 0.40%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.10%

Ternyata, LIPI juga kembangkan vaksin virus corona yang lebih istimewa dari biasanya


Kamis, 30 Juli 2020 / 15:22 WIB
Ternyata, LIPI juga kembangkan vaksin virus corona yang lebih istimewa dari biasanya
ILUSTRASI. LIPI juga kembangkan vaksin virus corona yang lebih istimewa dari vaksin biasanya. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/foc.

Berita Terkait

Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Pengembangan vaksin virus corona dan obat corona masif dilakukan lembaga pemerintah dan kesehatan. Selain itu, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) ternyata juga berusaha membuat vaksin corona. 

Tim Peneliti LIPI telah meneiliti pembuatan virus corona dengan memanfaatkan Receptor Binding Domain (RBD) dari virus SARS-CoV-2. Berbeda dengan vaksin pada umumnya yang berupa suntikan, vaksin corona buatan LIPI akan berupa spray atau disemprotkan.

Baca juga: Jangan langsung olah daging kurban menjadi sate, ini alasannya

Hal tersebut disampaikan oleh peneliti dari Pusat penelitian Bioteknologi LIPI, Dr rer nat Wien Kusharyoto. Menurut Wien, rencana pengembangan vaksin virus corona dari LIPI dalam bentuk spray merupakan strategi untuk membuat penggunaan vaksin lebih efektif. Hal ini lantara virus corona cenderung menjadi penyakit yang menyerang saluran pernapasan.

"Sebagian besar vaksin corona yang dikembangkan penggunaannya dengan disuntikkan. Nah, kami sebenarnya lebih menyasar keperkembangan berikutnya (spray), karena tidak semua yang bisa efektif juga dari vaksin-vaksin yang dikembangkan saat ini," kata Wien dalam diskusi daring bertajuk Sapa Media3: Menguji Vaksin Corona, Selasa (28/7/2020).

Ia menambahkan, vaksin suntik memang paling banyak dilakukan dan menyasar pada patogen penyebab penyakit yang banyak berkembang di aliran darah manusia.

Baca juga: Lelang rumah di Perumnas 2 Tangerang, hanya Rp 530 juta, ini jadwalnya

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×