kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Terhenti sementara, proyek kereta cepat Jakarta-Bandung dilanjutkan kembali


Minggu, 22 Maret 2020 / 17:27 WIB
Terhenti sementara, proyek kereta cepat Jakarta-Bandung dilanjutkan kembali
ILUSTRASI. Proyek Kereta Cepat: Pekerja di Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung di kawasan Cibitung, Bekasi, Rabu (12/2). Proyek kereta cepat Jakarta-Bandung ditargetkan selesai sesuai komitmen yaitu pada Desember 2021.


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Perhubungan mengungkapkan, proyek kereta cepat Jakarta-Bandung sudah dapat dilanjutkan dan ditargetkan selesai sesuai komitmen yaitu pada Desember 2021 setelah dihentikan sementara selama dua pekan.

Juru bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengatakan, PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) masih berkomitmen untuk menuntaskan proyek ini sesuai target yang diberikan yakni pada Desember 2021.

“Berdasarkan informasi dari dirjen Kereta Api sudah berjalan seperti biasa. Kami melihat setelah evaluasi dua pekan sudah sesuai dengan rekomendasi kementerian PUPR. Selain itu juga sudah mulai banyak perbaikan dan sudah sesuai perubahan,” ujar Adita melalui video conference, Jumat (20/3).

Baca Juga: Kemenhub kumpulkan informasi terkait penghentian pembangunan kereta cepat

Menurut Adita, sejauh ini belum ada peninjauan kembali target yang dilakukan. Namun, dalam situasi pandemik yang belum dapat dipastikan Kemenhub dan KCIC dapat mengkaji ulang hingga merevisi target yang telah ditetapkan.

Saat ini, tuturnya, pengerjaan proyek masih dilakukan oleh tenaga kerja asal China. Namun, Adita mengaku ada sejumlah tenaga kerja asal China yang belum kembali dari China setelah kebijakan pembatasan penerbangan dari dan ke Negeri Panda dilakukan. Untuk itu, pekerjaan tersebut dapat dilanjutkan dengan digantikan oleh tenaga kerja lokal.

"Berapa banyaknya saya enggak ada datanya. Tapi Kami minta KCIC jalan seperti biasa dan target kami saat ketemu Dirut KCIC Februari lalu, tetap 31 Desember 2021," tutur Adita.

Baca Juga: Memicu banjir, proyek kereta cepat JKT-BDG disetop mulai hari ini

Perlu diketahui, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Komite Keselamatan Konstruksi meminta penghentian sementara kegiatan proyek kereta cepat (high speed railway) Jakarta-Bandung selama dua pekan dimulai sejak 2 Maret 2020.

Kemenhub meminta PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) segera menyelesaikan enam catatan dari Komite Keselamatan Konstruksi sehingga proyek kereta cepat Jakarta-Bandung dapat kembali dijalankan.

"Setidaknya ada enam catatan dari Komite Keselamatan Konstruksi yaitu Pembangunan Proyek KA Cepat Jakarta-Bandung kurang memperhatikan kelancaran akses masuk dan keluar jalan tol, mengganggu drainase, dan kebersihan jalan," ujar Adita.

Baca Juga: KCI tangkis isu penyebaran masif virus corona di kereta komuter

Selanjutnya pelaksana proyek harus memperhatikan keselamatan pengguna jalan tol karena menimbulkan genangan air, kemacetan dan mengganggu kelancaran logistik, adanya pembangunan pilar LRT tanpa izin, pelaksanaan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) belum dilakukan sesuai aturan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×