kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.001,74   -2,58   -0.26%
  • EMAS981.000 0,10%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Terawan sebut hanya mereka yang masuk golongan usia ini yang dapat vaksin Covid-19


Selasa, 17 November 2020 / 15:34 WIB
Terawan sebut hanya mereka yang masuk golongan usia ini yang dapat vaksin Covid-19
ILUSTRASI. Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto (kanan) berbincang dengan anggota Komisi IX DPR sebelum mengikuti Rapat Dengar Pandapat di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (27/8/2020).

Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan,tidak seluruh masyarakat akan divaksinasi virus corona (Covid-19).

Berdasarkan penggunaan vaksin, vaksin Covid-19 hanya disuntikan bagi individu berusia 18 hingga 59 tahun. Selain itu, syarat sehat juga ditekankan oleh Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI).

"Vaksin Covid-19 saat ini diperuntukan pada sasaran usia 18 hingga 59 tahun dan sehat," ujar Terawan saat rapat dengan Komisi IX, Selasa (17/11).

Beberapa yang ditekankan dalam sehat termasuk di antaranya adalah tidak dalam kondisi hamil. Selain itu, vaksin juga tidak disuntikan pada pihak yang sudah terinfeksi Covid-19.

Baca Juga: Virus corona bisa mengganggu kesuburan pria?

Berdasarkan angka tersebut, jumlah penduduk Indonesia yang memasuki  ketentuan usia tersebut sebanyak 160 juta penduduk. Dari angka tersebut sebanyak 67% akan divaksinasi.

"Ada 67% dari 160 juta penduduk berusia 18 - 59 tahun setelah mempertimbangkan ketersediaan vaksin dan peruntukannya," terang Terawan.

Nantinya pelaksanaan vaksin akan dibagi menjadi dua program. Pertama adalah vaksinasi gratis program pemerintah dan kedua adalah vaksinasi mandiri.

Nantinya distribusi vaksin juga akan menggunakan sesuai dengan distribusi vaksin saat ini. Dimana penyediaan vaksin dilakukan oleh pemerintah pusat dan didistribusikan ke gudang penyimpanan vaksin di Dinas Kesehatan Daerah.

Asal tahu saja, penyimpanan vaksin Covid-19 menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Pasalnya suhu penyimpanan vaksin perlu dijaga sehingga perlu adanya rantai dingin dalam distribusi vaksin.

Selanjutnya: 65 Staf WHO di kantor pusat Jenewa terinfeksi Covid-19 sejak awal pandemi

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×