kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45789,54   -7,05   -0.89%
  • EMAS940.000 0,64%
  • RD.SAHAM 0.78%
  • RD.CAMPURAN 0.40%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.06%

Survei global: Warga Indonesia paling pesimistis tentang situasi Covid-19 di dunia


Kamis, 04 Juni 2020 / 05:26 WIB
Survei global: Warga Indonesia paling pesimistis tentang situasi Covid-19 di dunia
ILUSTRASI. Personel TNI melakukan penjagaan di Halte Transjakarta, Bunderan HI, Jakarta, Jumat (29/05). KONTAN/Fransiskus Simbolon

Sumber: The Jakarta Post | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ini hasil temuan terbaru survei YouGov mengenai perkembangan Covid-19 global. Survei menunjukkan, warga Indonesia banyak yang ragu dan pesimistis terkait upaya pemerintah yang berjuang untuk mengurangi epidemi Covid-19.

Melansir The Jakarta Post, temuan terbaru dari organisasi opini publik global pada hari Senin menunjukkan bahwa "Persepsi penanganan pemerintah terhadap Covid-19" terus mengalami penurunan di Indonesia.

Hasil survei YouGov menunjukkan, persetujuan publik secara keseluruhan atas penanganan Covid-19 pemerintah Indonesia menurun dari 66% pada 11 Mei menjadi 50% pada 25 Mei.

Baca Juga: Virus corona masih mengancam, 3 kota di Tangerang ini masih bebas Covid-19

Selain Indonesia, melansir Asia News Network, Filipina juga mencatat penurunan dalam persetujuan publik selama periode yang sama, dari 72% menjadi 64%.

Dalam laporan terkait berjudul "Update pelacak International Covid-19: 1 Juni", penurunan optimisme menuju skeptisisme di Indonesia dan Filipina adalah kongruen dengan penurunan signifikan dalam optimisme mengenai krisis saat ini.

Baca Juga: Begini rincian penggunaan anggaran penanganan Covid-19 senilai Rp 677,2 triliun

“Bukan kebetulan bahwa melorotnya kepercayaan pada pemerintah Indonesia dan Filipina datang bersamaan dengan penurunan tajam keyakinan bahwa situasi virus corona di negara-negara itu semakin membaik,” katanya.

Menurut survei, hanya 19% warga Indonesia percaya bahwa situasi Covid-19 nasional membaik. Angka ini turun signifikan dari posisi 35% yang dicatat dalam survei sebelumnya.

"Ini adalah yang terendah dari negara mana pun dalam penelitian ini - yang terdekat berikutnya adalah Meksiko dengan 25%," tulis laporan itu seperti yang dikutip The Jakarta Post.

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×