kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45793,95   -1,37   -0.17%
  • EMAS942.000 0,43%
  • RD.SAHAM 0.14%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.04%

Siapa Benny Tjokro yang kini tersangka kasus korupsi Jiwasraya?


Selasa, 14 Januari 2020 / 20:42 WIB
Siapa Benny Tjokro yang kini tersangka kasus korupsi Jiwasraya?
Komisaris Utama PT Hanson International Tbk Benny Tjokro

Reporter: Ahmad Ghifari, Yuwono Triatmodjo | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - Kejaksaan Agung, Selasa (14/1), menahan Benny Tjokrosaputro. Komisaris Utama PT Hanson International Tbk (MYRX) ditahan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya.

"(Penahanan) ini merupakan sebuah proses penyelidikan yang kami lakukan dari usualn tim penyidik, maka kepada para tersangka dilakukan penahan, namun ada sindikasi korupsi," kata Adi Toegarisman, Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus.

Nama Benny Tjokro, panggilan Benny Tjokrosaputro, sudah tidak asing lagi di kalangan investor saham. Strategi investasi putra pertama dari pasangan Handoko Tjokrosaputro dan Lita Anggriani ini kerap menjadi rujukan bagi banyak pemain saham lain dalam meracik portofolio.

Baca Juga: Kejagung tahan Benny Tjokro dan Harry Prasetyo

Majalah Forbes tahun lalu memasukkan Benny Tjokro dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia. Cucu dari Kasom Tjokrosaputro, sang pendiri grup usaha Batik Keris, ini ada di urutan ke-43.

Forbes menaksir kekayaan pria yang lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 15 Mei 1969, ini mencapai US$ 670 juta atau sekitar Rp 9,14 triliun (kurs Rp 13.650 per dolar AS).  

Benny Tjokro memulai aktivitas investasinya di pasar modal sejak duduk di bangku kuliah. Alumnus Fakultas Ekonomi Universitas Trisaksi, Jakarta, ini kenal dunia saham lantaran diajak teman-teman kuliahnya.

Baca Juga: Selain Benny Tjokro, Kejagung juga menahan Heru Hidayat

Saham PT Bank Ficorinvest Tbk merupakan portofolio pertama yang Benny Tjokro beli bermodal tabungan dari uang saku kuliah. Dia membelinya langsung di pasar perdana alias saat Ficorinvest melantai di bursa efek.

Lalu, apa yang membuat Benny Tjokro tertarik bermain saham waktu itu? "Sederhana saja, mau cari untung," katanya kepada KONTAN dalam wawancara pada 1 Februari 2019 lalu.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×