kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Serah terima jabatan Menko Perekonomian, Darmin ingatkan Airlangga perhatikan inflasi


Rabu, 23 Oktober 2019 / 21:53 WIB
Serah terima jabatan Menko Perekonomian, Darmin ingatkan Airlangga perhatikan inflasi
Menteri Koordinator bidang Perekonomian periode 2014-2019 Darmin Nasution secara resmi menyerahkan jabatan kepada Menko Perekonomian periode 2019-2024 Airlangga Hartarto, Rabu (23/10), di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta. 

Reporter: Grace Olivia | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Koordinator bidang Perekonomian periode 2014-2019 Darmin Nasution secara resmi melakukan serah terima jabatan kepada Airlangga Hartarto, Rabu (23/10). 

Dalam Kabinet Indonesia Maju, Airlangga menggantikan Darmin sebagai Menko Perekonomian untuk periode 2019-2024. Dalam sambutan terakhirnya sebagai Menko Perekonomian, Darmin Nasution menyampaikan Airlangga kini memiliki tanggung jawab yang lebih besar dan lebih luas.

Pasalnya, Kemenko Perekonomian membawahi sepuluh kementerian teknis yang bergerak di berbagai bidang berkaitan dengan ekonomi nasional. “Saya yakin Pak Airlangga bisa menyesuaikan diri dari sebelumnya berada di kementerian teknis, sekarang di Kemenko yang pasti lebih luas. Mulai dari pertanian, perindustrian, perdagangan, dan yang lainnya,” tutur Darmin. 

Di samping itu, Darmin juga mengingatkan agar Airlangga benar-benar mempelajari isu dan dinamika sektor pangan yang selama ini kerap menjadi persoalan di sektor perekonomian.

Masalah terkait pangan seperti beras, gula, dan komoditas lainnya itu kemudian tak jarang menjadi pemicu inflasi yang merupakan indikator penting dalam makroekonomi. “Jangan lupa mengikuti itu (isu pangan), jangan sampai ditanya inflasi berapa kemudian bingung, Itu repot itu,” kata Darmin. 

Darmin juga mengingatkan Airlangga akan tingginya dinamika dan ketidakpastian perekonomian global pada tahun-tahun ke depan. Ia berharap, Airlangga mampu mengelola dan menghadapi tantangan-tantangan tersebut dengan kebijakan yang tepat. 

“Kepada Pak Airlangga, selamat datang di kantor Menko. Selamat bertugas untuk negara di Kabinet Indonesia Maju,” tutup Darmin. 




TERBARU

×