kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sektor-sektor yang masih berkontribusi ke laju ekonomi di tengah pandemi corona


Minggu, 22 Maret 2020 / 17:32 WIB
Sektor-sektor yang masih berkontribusi ke laju ekonomi di tengah pandemi corona


Reporter: Bidara Pink | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wabah virus corona (Covid-19) yang saat ini tengah menyebar di Indonesia dan beberapa negara lain. Wabah ini merenggut korban jiwa dan menggerogoti sektor-sektor ekonomi, termasuk potensi pertumbuhan ekonomi domestik.

Namun, beberapa ekonom melihat ada beberapa sektor yang masih bisa menyokong pertumbuhan ekonomi Indonesia di tengah wabah ini. Apa saja?

Baca Juga: Ada ancaman virus corona, sejumlah bank akan revisi target kredit tahun ini

Ekonom Bank Permata Josua Pardede melihat di tengah melambatnya beberapa sektor pertumbuhan ekonomi, sektor yang masih berpotensi untuk tumbuh antara lain industri manufaktur, industri obat, serta industri jasa kesehatan. Meski begitu, kontribusi tiga sektor tersebut dalam pertumbuhan ekonomi hanya 9,18%.

Selain ketiga sektor tersebut, sektor lain yang berpotensi tumbuh yaitu sektor komunikasi. Ini berkaitan dengan pilihan yang diambil masyarakat saat mobilitas dibatasi akibat penyebaran virus.

"Masyarakat akan mengambil alternatif menggunakan internet sebagai sarana hiburan. Namun, sektor tersebut hanya memiliki proporsi 3,96% dari PDB," terang Josua kepada Kontan.co.id, Minggu (22/3).

Baca Juga: Menkeu rilis skenario terbaru pertumbuhan ekonomi 2020, ini kata ekonom Bank Permata

Sementara itu, Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Bhima Yudhistira melihat industri makanan dan minuman berpotensi akan meningkat kontribusinya terhadap pertumbuhan ekonomi.

Sebelumnya, sektor ini menyumbang 6,4% dari PDB dan kemungkinan meningkat menjadi 6,5% - 7%.

Selain itu, Bhima juga melihat adanya potensi peningkatan kontribusi industri farmasi terhadap pertumbuhan ekonomi, apalagi di situasi saat ini. Akan tetapi, sepertinya penambahan kontribusinya tidak akan terlalu besar.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×