kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,65   -6,71   -0.72%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sah! Menhan Prabowo Subianto resmi memesan dua pesawat Airbus A400M


Jumat, 19 November 2021 / 00:18 WIB
Sah! Menhan Prabowo Subianto resmi memesan dua pesawat Airbus A400M


Reporter: Syamsul Ashar | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto resmi memesan dua pesawat Airbus A400M. 

Menhan Prabowo membeli dua pesawat A400M tersebut untuk dipergunakan pada dua fungsi. Pertama dalam konfigurasi multiperan tanker, dan kedua untuk fungsi angkut personel.

Kontrak pemesanan dua pesawat A400M oleh Kementerian Pertahanan ini akan berjalan efektif di tahun 2022.

Dengan adanya pesanan dua pesawat dari Kementerian Pertahanan Indonesia membuat pesanan pesawat A400M ini akan meningkat jumlah total operator pesawat A400M menjadi sepuluh negara. 

Kesepakatan pembelian dua pesawat A400M tersebut termasuk paket dukungan lengkap untuk perawatan dan pelatihan. 

Selain dua pesawat A400M tersebut, Kementerian Pertahanan juga meneken Letter of Intent  untuk pembelian empat A400M tambahan.

Michael Schoellhorn, Chief Executive Officer Airbus Defence and Space dalam pernyataan tertulis yang diterima KONTAN menyatakan, pesanan baru dua pesawat A400M oleh Kementerian Pertahanan Indonesia ini akan memperluas kehadiran A400M di wilayah Asia-Pasifik. 

Schoellhorn menyebut, A400M menawarkan kemampuan yang luar biasa kepada Indonesia.  "Kami menghadirkan pesawat yang sempurna bagi Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) untuk mengirimkan kargo besar dan berat ke daerah terpencil dan melipatgandakan jangkauan kekuatan udara Indonesia berkat kemampuan pengisian bahan bakar di udara yang dapat diandalkan," katanya.

Schoellhorn juga mengklaim pesawat A400M juga mampu beroperasi dari landasan pacu yang pendek dan kasar, sehingga A400M akan meningkatkan kemampuan angkut TNI AU agar dapat dengan cepat menanggapi krisis, seperti yang telah didemonstrasikan ketika bencana gempa bumi dan tsunami di tahun 2018. 

Selain itu A400M merupakan pesawat angkut besar pertama yang dapat mengirimkan kargo berat seperti truk bahan bakar dan ekskavator serta makanan, pakaian, dan perlengkapan medis langsung ke Palu, Sulawesi Tengah yang pada waktu itu landasan pacunya pendek dan rusak.

Pesawat A400M merupakan pesawat multiperan yang akan meningkatkan kemampuan taktis udara TNI AU. 

Pesawat pesanan Menhan Prabowo ini akan memiliki peran penting dalam berbagai misi  seperti terjun payung dan transportasi kargo besar. 

Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto juga menyatakan Pemerintah Indonesia juga sedang mempertimbangkan pembelian A400M tambahan dalam waktu dekat

"Terutama dengan adanya perkembangan A400M di masa depan seperti kemampuan pemadam kebakaran yang sedang kami jajaki bersama Airbus," katanya.

Di samping kemampuan tanker dan taktisnya, pesawat A400M akan menjadi aset nasional yang berperan penting dalam misi kemanusiaan dan tanggap bencana di Indonesia

Pesawat A400M dapat mengangkut beban berat dan besar lintas jarak strategis, mengirimkan kargo ke lokasi taktis, sembari menawarkan kemampuan pengisian bahan bakar di udara. Sebuah solusi ideal yang dapat memenuhi keperluan pesawat tanker dan angkut TNI AU.

Dengan kemampuannya untuk terbang tinggi atau rendah pada kecepatan yang luar biasa, pesawat A400M adalah pesawat yang ideal untuk pengisian bahan bakar pesawat tempur dan pesawat besar lainnya dengan menggunakan dua pod pengisian bahan bakar di bawah sayapnya.

Kemampuan pengisian bahan bakar di udara yang tertanam di pesawat ini memungkinkan rekonfigurasi cepat A400M sebagai pesawat tanker, membuatnya mudah beradaptasi dengan skenario dan misi operasional yang dinamis. 

Pesawat A400M juga memiliki kemampuan adaptasi ini hanya ada  yang bahan bakarnya sendiri juga dapat diisi ulang di udara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×