kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Restitusi Melonjak, Penerimaan PPN Kuartal I-2024 Anjlok


Minggu, 28 April 2024 / 21:01 WIB
Restitusi Melonjak, Penerimaan PPN Kuartal I-2024 Anjlok
ILUSTRASI. JAKARTA,29/12-PENERIMAAN PAJAK 2022 CAPAI TARGET -? Petugas melayani wajib pajak di salah satu kantor pelayanan pajak pratama di Jakarta, Kamis (29/12/2022). Penerimaan pajak tercatat melampaui target 2022 meskipun tanpa pelaksanaan program pengungkapan sukarela atau PPS dan kenaikan tarif pertambahan nilai atau PPN menjadi 11%. Berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 98/2022, pemerintah mematok target penerimaan pajak tahun ini Rp1.485 triliun. Jumlahnya naik hingga 20,7% dari target penerimaan pajak 2021 senilai Rp1.229,6 triliun. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan bahwa per 14 Desember 2022, penerimaan pajak telah mencapai Rp1.634,36 triliun. KONTAN/Fransiskus Simbolon


Reporter: Dendi Siswanto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat, realisasi pajak pertambahan nilai dalam negeri (PPN DN) memiliki kontribusi terbesar terhadap penerimaan pajak secara total sebesar 22,1%.

Sayangnya, secara neto jenis pajak tersebut mengalami kontraksi sebesar 23% dikarenakan adanya peningkatan restitusi pada sektor industri pengolahan, perdagangan, dan pertambangan terutama yang berasal dari kompensasi lebih bayar tahun-tahun sebelumnya.

Baca Juga: Awas! Penerimaan Pajak Konsumsi Bisa Semakin Tergerus

"Ini harus kita lihat secara hati-hati. Artinya ada koreksi yang mempengaruhi penerimaan negara. Koreksi dari kegiatan ekonomi, apakah dari sisi harga komoditas maupun kegiatan ekonomi yang terefleksikan dalam penerimaan negara," ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati belum lama ini.

Secara bruto, penerimaan PPN DN pada kuartal I-2024 tumbuh 5,8%, atau melambat dari periode yang sama tahun lalu dengan pertumbuhan sebesar 34,7%.

Di sisi lain, PPN impor juga terkontraksi 2,8% sejalan dengan melemahnya aktivitas impor.

Pengamat Pajak Center for Indonesia Taxation Analysis (CITA) Fajry Akbar mengatakan bahwa kondisi PPN impor tetsebut sejalan dengan data Badan Pusat Statistik (BPS) yang memperlihatkan perdagangan Internasional Indonesia yang terus mengalami pelemahan.

Baca Juga: Setoran Pajak Konsumsi Terkontraksi 16,1%, Sri Mulyani Waspadai Hal Ini

"Sayangnya kinerja PPN impor dan PPnBM ini menahan kinerja penerimaan PPN dan PPnBM secara keseluruhan," kata Fajry.

Untuk diketahui, realisasi PPN dan PPnBM senilai Rp 155,79 triliun di kuartal I-2024 atau terkontraksi 16,1%. Realisasi tersebut setara 19,2% dari target yang ditetapkan sebesar Rp 811,36 triliun.

Fajry menjelaskan, peningkatan restitusi pajak terjadi karena adanya lebih bayar. Lebih bayar ini terjadi karena adanya peningkatan pajak masukan, peningkatan biaya bahan baku masa lalu atau ada pelemahan pajak keluaran karena terjadi pelemahan omzet masa lalu.

"Di sisi lain, memang peningkatan restitusi bisa juga diartikan bahwa perusahaan membutuhkan cash flow," katanya.

Fajry meyakini bahwa efek peningkatan restitusi hanya bersifat sementara.

Baca Juga: Realisasi Penerimaan PPh Badan Kontraksi 29,8%, Ini Kata Sri Mulyani

"Jadi pelemahan kinerja penerimaan pajak juga akan terjadi sementara, namun tetap perlu melihat kondisi makro nanti karena balik lagi, ketidakpastian tahun ini masih tinggi," terangnya.

Direktur Eksekutif Indonesia Economic Fiscal (IEF) Research Institute Ariawan Rahmat mengatakan bahwa penurunan penerimaan pajak juga terjadi karena pengaruh harga komoditas yang terus menurun sejak tahun lalu.

Dirinya menyebut, penerimaan pajak Indonesia di sektor migas merosot sejak awal tahun 2023, karena harga minyak dunia yang terus turun. Nah, penurunan harga tersebut menyebabkan penerimaan PPN impor mengalami penurunan.

"Saat ini Indonesia untuk memenuhi kebutuhan BBM dalam negeri kita masih bergantung pada impor. Jika harga menurun otomatis PPN impor kita juga ikut terkontraksi," kata Ariawan.

Baca Juga: Kemenkeu Catat Realisasi Penerimaan Pajak Kripto Mencapai Rp 112 Miliar

Menurutnya, setoran PPN DN akan meningkat kembali jika ada peningkatan harga komoditas, pertumbuhan ekonomi yang ekspansif, serta realisasi penyesuaian tarif PPN jika jadi diterapkan, dan pemerintah melakukan perluasan basis pajak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×