kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,20   -16,32   -1.74%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Peringati Hari Santri, Jokowi dorong santri jadi entrepreneur


Jumat, 22 Oktober 2021 / 11:20 WIB
Peringati Hari Santri, Jokowi dorong santri jadi entrepreneur
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo (tengah) menyapa santri yang hadir dalam peringatan Nuzulul Quran di Istana Negara, Jakarta, Selasa (21/5/19). Peringati Hari Santri, Jokowi dorong santri jadi entrepreneur.


Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo mendorong santri di Indonesia untuk menjadi wirausahawan atau entrepreneurs.

Hal itu disampaikan Jokowi saat memperingati Hari Santri Nasional tahun 2021. Jokowi bilang bila santri menjadi wirausahawan akan mampu memberikan manfaat kepada masyarakat muslim.

"Orientasi santri seharusnya bukan lagi mencari pekerjaan tapi sudah menciptakan kesempatan kerja bagi banyak orang," ujar Jokowi di Istana Negara, Jumat (22/10).

Guna mencapai hal tersebut, Jokowi mendorong optimalisasi pendidikan pesantren dan madrasah. Sehingga dapat menciptakan lulusan yang inovatif dan berkewirausahaan.

Bekas Gubernur DKI Jakarta itu juga menyebut akan memberi dukungan pada sektor pembiayaan bagi pelaku usaha. Terdapat sejumlah skema yang diberikan seperti Kredit Ultra Mikro, program Mekaar, program Kredit Usaha Rakyat, dan Bank Wakaf Mikro.

Baca Juga: Berusia setengah abad, Peruri siap jalani transformasi digital dan pejamin keaslian

"Saya berharap pesantren dan para santri dapat memanfaatkan berbagai program pembiayaan ini dengan baik," ungkap Jokowi.

Jokowi juga mendorong pelaku usaha untuk mengikuti transformasi digital. Sehingga nantinya seluruh usaha Indonesia masuk dalam perdagangan digital dan rantai pasok global.

Sebelumnya, Jokowi menargetkan Indonesia menjadi pusat industri halal dunia tahun 2024. Tidak hanya produk makanan halal, Jokowi juga menargetkan hal tersebut termasuk dalam sektor fashion muslim.

"Saya target tujuan tersebut dapat tercapai pada tahun 2024," ujar Jokowi saat membuka Trade Expo Indonesia Digital Edition tahun 2021.

Jokowi bilang pasar produk halal dunia memiliki potensi besar. Berdasarkan laporan ekonomi state of global islamic tahun 2020-2021, belanja warga muslim dunia mencapai lebih dari US$ 2 triliun.

Selanjutnya: Jokowi sampaikan apresiasi kepada Nahdliyin muda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×