kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perekonomian di Jawa meroket, Faisal Basri: Bisa jeblok lagi pada kuartal III


Jumat, 06 Agustus 2021 / 16:26 WIB
Perekonomian di Jawa meroket, Faisal Basri: Bisa jeblok lagi pada kuartal III
ILUSTRASI. Faisal Batubara atau lebih dikenal sebagai Faisal Basri adalah ekonom dan politikus asal Indonesia. Foto/KONTAN/Djumyati Partawidjaja


Reporter: Bidara Pink | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perekonomian Pulau Jawa nampak meroket pada kuartal II-2021, setelah pada kuartal I-2021 mengalami pertumbuhan negatif 0,83% yoy. 

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, pertumbuhan ekonomi pulau Jawa sebesar 7,88% yoy dan memegang kontribusi terhadap keseluruhan pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 57,92%. 

Ekonom senior INDEF Faisal Basri mengatakan, tingginya pertumbuhan ekonomi Jawa pada kuartal II-2021 ini disebabkan oleh pemerintah yang melonggarkan pembatasan aktivitas. 

Baca Juga: Serapan tenaga kerja tak maksimal meski ekonomi kuartal II tumbuh tinggi

Namun, menurut dia, buah sematang apapun pasti memiliki biji, pun dengan pelonggaran pembatasan yang membawa perbaikan pertumbuhan ekonomi. Akhirnya akan membawa dampak buruk berupa peningkatan kasus harian Covid-19. 

“Pertumbuhan relatif baik, setuju. Tapi, Covid-19 merajalela lagi. Nah ini harga yang harus dibayar nanti pada kuartal III-2021, ekonomi akan turun lagi,” ujar Faisal, Jumat (6/8) di hadapan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia. 

Faisal kemudian kembali mengingatkan, bila pemerintah ingin pertumbuhan ekonomi bisa meroket, maka pemerintah harus telaten untuk menurunkan kasus harian Covid-19. 

Ia pun mengapresiasi, saat ini pemerintah sudah mulai sigap dalam meningkatkan testing 400 ribu sehari, kontak tracing juga minimal 1:8, pemerintah menggencarkan vaksinasi, juga melakukan pendekatan terhadap rakyat termasuk para mahasiswa. 

Baca Juga: Sri Mulyani perkirakan pertumbuhan ekonomi kuartal III-2021 akan berkisar 4%-5,7%

“Saya bersyukur ini akhirnya pemerintah sadar. Ya walaupun agak terlambat. Too little too late. Jadi, ekonomi tidak akan bangkit kalau pandemi terus tidak bisa dikendalikan,” tandasnya. 

Selanjutnya: Ekonomi kuartal II-2021 tumbuh tinggi, tahun lalu jeblok atau memang sudah pulih?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×