kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.923.000   8.000   0,42%
  • USD/IDR 16.335   -60,00   -0,37%
  • IDX 7.167   24,52   0,34%
  • KOMPAS100 1.045   4,88   0,47%
  • LQ45 815   2,85   0,35%
  • ISSI 224   0,76   0,34%
  • IDX30 426   1,90   0,45%
  • IDXHIDIV20 505   1,29   0,26%
  • IDX80 118   0,58   0,49%
  • IDXV30 120   0,61   0,51%
  • IDXQ30 139   0,24   0,17%

Penggunaan BBM bersubsidi membengkak 2,09 juta KL


Senin, 30 Agustus 2010 / 21:01 WIB
Penggunaan BBM bersubsidi membengkak 2,09 juta KL


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Djumyati P.

JAKARTA. Tahun ini, pemerintah harus mengakui kenyataan pahit tak bisa melakukan banyak penghematan terhadap konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi. Konsumsi BBM Bersubsidi melebihi target dan diperkirakan pembengkakannya bisa mencapai 2,09 juta kilo liter (KL).

Sebenarnya, pembengkakan tersebut sudah terlihat sejak semester pertama 2010. Hingga Juni kemarin, penggunaan BBM bersubsidi mencapai 3,17 juta KL. Sementara, kuota BBM bersubsidi di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Perubahan 2010 hanya 3,03 juta KL. "Sampai akhir tahun nanti, pembengkakan itu tidak bisa dihindarkan lagi," kata Tubagus Haryono, Kepala Badan Pengatur Hilir (BPH) Minyak dan Gas Bumi (Migas) saat rapat kerja dengan Komisi VII DPR, Senin (30/8).

Hitungan BPH Migas, hingga akhir tahun nanti konsumsi BBM bersubsidi akan mencapai 38,59 juta KL. Padahal, kuota di APBN Perubahan 2010 hanya 36,5 juta KL. "Ada penggunaan berlebih sekitar 2,09 juta KL," terang Tubagus.

Pembengkakan tersebut terjadi di berbagai jenis BBM bersubsidi. Terutama premium yang mencapai 23,19 juta KL atau lebih sekitar 1,74 juta KL dari rencana awal. Selain itu konsumsi solar juga berlebih sekitar 1,84 juta KL dari rencana. Hanya konsumsi minyak tanah saja yang bisa dihemat sekitar 1,48 juta KL.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
AYDA dan Penerapannya, Ketika Debitor Dinyatakan Pailit berdasarkan UU. Kepailitan No.37/2004 Digital Marketing for Business Growth 2025 : Menguasai AI dan Automation dalam Digital Marketing

[X]
×