kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45862,44   -0,26   -0.03%
  • EMAS918.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.15%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Pengamat: Survei lingkungan belajar wujudkan kultur belajar positif


Kamis, 29 Juli 2021 / 16:43 WIB
Pengamat: Survei lingkungan belajar wujudkan kultur belajar positif
ILUSTRASI. Fasilitas maupun budaya belajar di sekolah harus mampu mengakomodasi berbagai perbedaan mendasar laki-laki dan perempuan.KONTAN/Fransiskus SImbolon

Reporter: Dikky Setiawan | Editor: Dikky Setiawan

KONTAN.CO.ID -JAKARTA-Dukungan positif dari berbagai pihak terhadap implementasi Survei Lingkungan Belajar terus bermunculan. Sejumlah pengamat psikologi dan sosial menilai inisiatif ini akan menciptakan lingkungan belajar yang mendukung dua elemen sekaligus yakni fasilitas dan budaya belajar.

Penulis dan Aktivitas Kesetaraan Gender, Kalis Mardiasih menegaskan dukungannya dan berharap pelaksanaan survei berjalan baik dan lancar kedepan. 

"Saya langsung memberikan dukungan untuk Asesmen Nasional ini karena secara tegas di poin Survei Lingkungan Belajar ada dukungan untuk kesetaraan gender," ujarnya dalam diskusi bertajuk "Asesmen Nasional, Akankah Efektif Mengubah Kualitas Pendidikan?" di Jakarta, Rabu (28/7). 

Survei Lingkungan Belajar adalah satu dari tiga komponen Asesmen Nasional yang merupakan Program Merdeka Belajar Episode Pertama. Selain survei ini, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) juga melakukan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Survei Karakter.    

Baca Juga: Riset keilmuan terapan diharapkan jadi penggerak penyelesaian masalah sosial

Kalis menegaskan, kesetaraan gender di dunia pendidikan sangat penting. SurveI Lingkungan Belajar dinilai mampu menggambarkan dua aspek mulai dari komponen fasilitas belajar dan budaya belajar yang mendukung kesetaraan gender. 

Fasilitas maupun budaya belajar di sekolah, kata Kalis, harus mampu mengakomodasi berbagai perbedaan mendasar laki-laki dan perempuan.

"Dukungan Survei Lingkungan Belajar untuk kesetaraan gender sangat jelas. Di poin pertama dan kedua ada intervensi untuk menilai komitmen sekolah dalam pencegahan dan juga komitmen untuk menangani kasus kekerasan seksual," imbuh Kalis.

Asesmen nasional

Sebelumnya Kemendikbudristek menyampaikan Survei Lingkungan Belajar murni mengukur kualitas pembelajaran, iklim keamanan, dan iklim kebinekaan sekolah. 

Hal ini mencakup aspek yang secara langsung berkaitan dengan pembelajaran seperti fasilitas belajar, praktik pengajaran, refleksi guru, dan kepemimpinan kepala sekolah serta mengukur aspek yang menjadi prakondisi bagi pembelajaran seperti iklim keamanan dan iklim kebinekaan sekolah

Pakar Psikologi Sosial Universitas Indonesia Mirra Noor Milla juga menegaskan siap mendukung pelaksanaan Asesmen Nasional khususnya pengambilan kebijakan melalui Survei Lingkungan Belajar. Pengumpulan data ini sangat berguna untuk melakukan evaluasi dan menentukan kebijakan. 

Baca Juga: Hadapi perkembangan zaman, Jokowi minta perguruan tinggi kolaborasi dengan industri

Dia menjelaskan saat ini fenomena propaganda ektrimisme ideologi secara spesifik menyasar kelompok muda, yaitu usia SMP. Belum lagi perkembangan teknologi informasi yang menguatkan polarisasi ideologi. Hal ini berpotensi mengancam sikap inklusif. 

"Saran saya untuk mengumpulkan data kita perlu ada banyak cara, sehingga bisa dijadikan sistem data yang secara berkala diupdate. Jadi tidak hanya Kemendikbudristek, tetapi bisa dilengkapi dari berbagai elemen lain, termasuk sekolahnya sendiri," pungkasnya.

Selanjutnya: UI jadi perguruan tinggi terbaik Indonesia versi Webometrics Rank 2021

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Mastering Virtual Selling: How to win sales remotely Optimasi alur Pembelian hingga pembayaran

[X]
×