kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pengamat Energi Sebut Saat Ini Tidak Tepat Menaikkan Harga BBM, Listrik, dan Elpiji


Rabu, 11 Mei 2022 / 20:11 WIB
Pengamat Energi Sebut Saat Ini Tidak Tepat Menaikkan Harga BBM, Listrik, dan Elpiji
ILUSTRASI. Petugas memeriksa meteran listrik di Rumah Susun Bendungan Hilir, Jakarta,


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif pada rapat kerja bersama Komisi VII DPR pada 13 April lalu mengungkapkan, rencana kenaikan tarif listrik, serta harga elpiji 3 kilogram, Pertalite, dan Solar.

Kebijakan tersebut merupakan strategi pemerintah dalam menghadapi kenaikan harga minyak dunia.

Direktur Eksekutif Energi Watch Mamit Setiawan mengatakan, rencana kenaikan beberapa komoditas energi memang seakan buah simalakama bagi pemerintah yang tak bisa dielakkan.

Di mana selisih harga komoditas energi saat ini terlalu jauh untuk ditanggung secara keseluruhan oleh pemerintah.

Baca Juga: Ekonom Ini Sarankan Pemerintah Tahan Kebijakan yang Berpotensi Gerus Ekonomi

Namun Mamit menegaskan rencana kenaikan tersebut tak bisa dilakukan secara mendadak oleh pemerintah. Hal ini menghindari agar masyarakat tak merasakan beban yang berat terlebih perekonomian masih belum bangkit dari gempuran pandemi Covid-19.

"Mau tidak mau, tapi ini tidak bisa dalam waktu dekat. Jangan besok istilahnya, tapi beri waktu satu dua bulan ke depan," kata Mamit kepada Kontan.co.id, Rabu (11/5).

Kemudian rencana kenaikan komoditas energi tersebut juga perlu dilakukan penyesuaian. Misalnya saja rencana kenaikan BBM solar dan pertalite.

Mamit mengusulkan agar subsidi BBM tersebut diberikan mekanisme tertutup. Hal ini agar subsidi solar dan pertalite dapat tersalurkan tepat sasaran.

"Untuk mekanisme BBM sebenarnya saat ini sudah berjalan program digitalisasi yang dilakukan oleh Pertamina, juga bagaimana koordinasi dengan Departemen Perhubungan dalam hal ini Hubungan Darat, Kepolisian untuk mendata kendaraan-kendaraan mana saja yang berhak untuk mendapatkan subsidi. Karena saat ini subsidi solar subsidi atau pertalite dinikmati oleh para pengusaha yang memang mendapatkan keuntungan," jelasnya.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×