kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemerintah Waspadai Perlambatan Ekonomi China Terhadap Kinerja Ekspor Indonesia


Selasa, 21 November 2023 / 12:57 WIB
Pemerintah Waspadai Perlambatan Ekonomi China Terhadap Kinerja Ekspor Indonesia
ILUSTRASI. Pemerintah terus waspada terhadap tren melambatnya perekonomian China. ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/Spt.


Reporter: Siti Masitoh | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah terus waspada terhadap tren melambatnya perekonomian China. Pasalnya China merupakan salah satu mitra dagang terbesar Indonesia.

Kepala Pusat Kebijakan Ekonomi Makro Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu Abdurrahman menyampaikan, perlambatan ekonomi China bisa mengganggu kinerja ekspor Indonesia. Pasalnya sebanyak 20% ekspor Indonesia diberangkatkan ke China.

“Salah satu negara yang juga punya hubungan kuat dengan Indonesia di mitra dagang adalah China ini juga diperkirakan akan mengalami perlambatan dan ini perlu diwaspadai karena 20% ekspor kita ke China,” tutur Rahman sapaan akrabnya dalam agenda agenda Indonesia Economic Outlook Seminar 2024, Selasa (21/11).

Baca Juga: Surplus Neraca Perdagangan Indonesia Cerminkan Daya Tahan di Tengah Risiko Global

Rahman menjelaskan, perekonomian China terus mengalami perlambatan, seperti pada sektor properti yang bermasalah dan kondisi Foreign Direct Investment (FDI) yang masuk ke China menurun, setelah adanya Chip X dikeluarkan Amerika Serikat (AS).

“Jadi kalau di AS dan Indonesia lebih banyak didorong konsumsi, tapi ekonomi China lebih banyak di didorong oleh investasi. Dan ini jadi akar persoalan di China karena banyak investasi lari ke sektor properti yang banyak alami krisis,” ungkapnya.

Meski begitu, Rahman menyampaikan, sejauh ini kondisi perekonomian Indonesia masih resilien, meskipun pada kuartal III lalu sempat mengalami perlambatan yakni 4,94%. Salah satunya disebabkan permintaan ekspor yang menurun.

“Ekspor saat ini jadi tantangan karena sampai saat ini terus mengalami kontraksi karena permintaan global melemah,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×