kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemerintah tetap menerapkan Regulated Agent sebulan lagi di lima bandara


Jumat, 15 Juli 2011 / 14:39 WIB
ILUSTRASI. Obligasi pemerintah menjadi salah satu instrumen yang pergerakannya cukup stabil sepanjang tahun ini.


Reporter: Dani Prasetya | Editor: Umar Idris

JAKARTA. Kebijakan agen inspeksi (regulated agent) akan diberlakukan sebulan lagi di lima bandara besar secara bertahap. Kementerian Perhubungan memutuskan tidak akan mengubah prosedur inspeksi kebijakan itu.

"Tidak ada yang diubah. Prosedurnya tetap. Sebulan lagi di lima bandara besar," ucap Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Herry Bhakti, Jumat (15/7).

Bandara itu antara lain Soekarno-Hatta Tangerang, Juanda Surabaya, Polonia Medan, Sultan Hasanuddin Makassar, dan Ngurah Rai Bali.

Saat ini pemerintah memutuskan menunda pelaksanaan kebijakan regulated agen selama sebulan untuk pembahasan ulang antarpemangku kepentingan.

Penundaan ini lantaran masih banyak masalah yang timbul akibat setelah direalisasikan di Bandara Soekarno Hatta pada 16 Juni 2011. Penundaan ini juga akibat perbedaan pandangan tentang implementasi kebijakan ini antara pemerintah dengan pengusaha kargo.

Pemerintah beralasan telah berpedoman pada standar internasional untuk memperketat faktor keamanan pengangkutan barang. Tetapi di sisi lain, para pengusaha kargo keberatan dengan kendala prosedur di lapangan yang ternyata berdampak pada penambahan biaya.

Namun, Herry membantah, kebijakan itu tidak disepakati oleh para pengusaha. Dia mengeklaim pada pembahasan ulang yang melibatkan para pengusaha kargo, telah ada kesepakatan yang positif. "Yang protes itu cuma kecil, yang besar setuju kok," ujarnya.

Nantinya, kebijakan itu akan dilaksanakan dengan pengaturan teknis di lapangan yang lebih mudah. Alat pemindai barang X-Ray, misalnya, akan ditempatkan di gudang khusus yang steril dari kegiatan lain.

Secara bertahap lima bandara besar akan mengimplementasikan kebijakan itu demi keamanan pengangkutan barang. "Lima bandara besar tahun ini. Secara bertahap," katanya.

Sekjen Kementerian Perhubungan Ikhsan Tatang sebelumnya pun menjelaskan, kebijakan itu ditolak pengusaha kargo lantana kebetulan berdampak pada cakupan biaya.

Oleh karena itu, Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) meninjau Kementerian Perhubungan untuk berdiskusi mengenai masalah itu.

Untuk diketahui, kebijakan itu yang baru diimplementasikan di Bandara Soekarno Hatta itu akan menjadi semacam uji coba sebelum diterapkan di bandara lain. Proses sosialisasi kebijakan itupun tengah berjalan dan sebenarnya, kata dia, implementasi regulated agent tidak dapat ditunda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×