kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemerintah Cairkan Bansos BLT Minyak Goreng, Cek Penerima di Cekbansos.kemensos.go.id


Sabtu, 02 April 2022 / 05:34 WIB
Pemerintah Cairkan Bansos BLT Minyak Goreng, Cek Penerima di Cekbansos.kemensos.go.id
ILUSTRASI. Pemerintah Beri Bansos BLT Minyak Goreng, Cek Penerima di Cekbansos.kemensos.go.id


Sumber: Sekretariat Kabinet RI,Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Pemerintah menambah bantuan sosial (bansos) berupa bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng kepada masyarakat.  Segera buka website Cekbansos.kemensos.go.id untuk cek penerima bansos BLT minyak goreng.

Pemerintah memutuskan untuk menyalurkan BLT minyak goreng kepada masyarakat karena tingginya harga bahan pangan tersebut. Keputusan pemberian BLT minyak goreng tersebut disampaikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam keterangan pers, Jumat (01/04/2022), di Istana Merdeka, Jakarta.

“Kita tahu harga minyak goreng naik cukup tinggi sebagai dampak dari lonjakan harga minyak sawit di pasar internasional. Untuk meringankan beban masyarakat, pemerintah akan memberikan BLT minyak goreng,” ujar Presiden Jokowi seperti dikutip dari situs Sekretariat Kabinet.

Presiden Jokowi menerangkan, bansos BLT minyak goreng ini akan disalurkan kepada keluarga penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH), serta pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan makanan gorengan. “Bantuan itu akan diberikan kepada 20,5 juta keluarga yang termasuk dalam daftar Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH), serta 2,5 juta PKL yang berjualan makanan gorengan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa bansos BLT minyak goreng akan diberikan sebesar Rp100 ribu setiap bulannya. Bansos BLT minyak goreng diberikan untuk tiga bulan sekaligus, yaitu April, Mei, dan Juni serta dibayarkan di muka pada bulan April 2022 sebesar Rp300 ribu.

“Saya minta Kementerian Keuangan, Kementerian Sosial, dan TNI, serta Polri berkoordinasi, agar pelaksanaan penyaluran bantuan ini berjalan dengan baik dan lancar,” tandasnya.

Baca Juga: Baru Tersalurkan Rp 2,24 Triliun, Kemenkeu Desak Pemda Percepat Syarat Salur BLT

Cara cek penerima bansos BLT minyak goreng

Seperti disampaikan Presiden Jokowi, bansos BLT minyak goreng diberikan untuk keluarga penerima BPNT, PKH, dan PKL. Untuk memastikan apakah Anda termasuk penerima bansos BPNT atau Bantuan Kartu Sembako, ada baiknya untuk mengecek secara langsung melalui 3 cara yang dimungkinkan.

Dilansir dari Kompas.com, berikut cara cek penerima bansos yang disalurkan Kementerian Sosial

1. Cara cek penerima bansos 2022 di laman Cekbansos.kemensos.go.id

Cara yang pertama cek penerima bansos 2022 adalah melalui laman cekbansos.kemensos.go.id. Berikut cara cek penerima bansos 2022 di laman Cekbansos.kemensos.go.id:

  • Masuk ke cekbansos.kemensos.go.id
  • Isikan data yang diminta, mulai wilayah dan nama Anda
  • Ketikkan kode yang terdiri dari 8 digit huruf, sertakan juga spasi sebagaimana terlihat dalam gambar
  • Klik "Cari Data"
  • Jika nama Anda muncul, maka Anda sudah tercantum dalam DTKS. Namun, untuk memastikan apakah Anda termasuk penerima BPNT 2022, pastikan dalam kolom status BPNT tertulis "Ya".

Buka halaman selanjutnya untuk cara cek penerima bansos lainnya




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×