kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45859,88   -1,43   -0.17%
  • EMAS918.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.26%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.03%

Pemerintah belum putuskan pemberian booster vaksin Covid-19 untuk jemaah umrah


Rabu, 28 Juli 2021 / 15:15 WIB
Pemerintah belum putuskan pemberian booster vaksin Covid-19 untuk jemaah umrah
ILUSTRASI. Pemerintah belum memutuskan pemberian booster vaksin Covid-19 untuk jemaah umrah.

Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah masih belum memutuskan pemberian tambahan vaksin atau booster untuk vaksinasi virus corona (Covid-19) bila nanti ada masyarakat yang hendak umrah ke Tanah Suci..

Seperti diketahui Arab Saudi tak memasukkan Sinovac sebagai vaksin Covid-19 yang diterima untuk calon jemaah umrah. Arab Saudi mensyaratkan adanya booster vaksin untuk jemaah umarh.

"Belum ada kebijakan booster, kita akan bahas dulu terkait hal ini sambil mendapatkan informasi yang lebih jelas," ujar Juru Bicara Vaksin Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi saat dihubungi Kontan.co.id, Rabu (28/7).

Baca Juga: Arab Saudi mulai buka pintu umrah internasional, Kemenag: Kami masih pelajari

Sebagai informasi, pemeirntah Arab Saudi telah mengeluarkan surat edaran terkait pelaksanaan ibadah umroh tahun 1443 hijriah. Salah satunya adalah syarat jemaah telah mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Namun, hanya terdapat empat merek vaksin yang diakui pemerintah Arab Saudi. Yakni vaksin AstraZeneca, Pfizer, Moderna, dan Johnson & Johnson.

Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama, Khoirizi akan membahas hal tersebut dengan Kementerian Kesehatan, Satgas Pencegahan Covid-19, dan BNPB.

"Kita akan lakukan langkah koordinasi dengan Kemenkes dan pihak terkait lainnya untuk membahas persyaratan tersebut, agar kebutuhan jemaah umrah Indonesia bisa terlayani," tegasnya.

Meski begitu, Khoirizi menyebut akan tetap melakukan upaya lobi. Pasalnya, saat ini mayoritas vaksinasi yang digunakan Indonesia merupakan vaksin produksi Sinovac.

 

Selanjutnya: Warga Arab Saudi yang datang ke 14 negara ini akan dilarang bepergian selama 3 tahun

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Bongkar Rahasia Banjir Order dari Digital Marketing Rahasia Banjir Order dari Digital Marketing

[X]
×