kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45982,64   -7,73   -0.78%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemerintah akan benahi pengaturan pajak & retribusi daerah demi percepat investasi


Minggu, 24 November 2019 / 09:05 WIB
Pemerintah akan benahi pengaturan pajak & retribusi daerah demi percepat investasi
ILUSTRASI. Menteri Keuangan Sri Mulyani (tengah) menyampaikan materi disela-sela Kemenkeu Mengajar di SDN Kenari 1 Jakarta, Senin (4/11/2019). Percepat investasi, pemerintah pusat akan benahi pengaturan pajak & retribusi daerah. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/AWW.


Reporter: Grace Olivia | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan Kementerian Keuangan dan Kementerian Dalam Negeri untuk melakukan sinkronisasi pemungutan pajak daerah maupun retribusi daerah. 

Sinkronisasi tersebut diharapkan tertuang dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) Ketentuan dan Fasilitas Perpajakan untuk Penguatan Perekonomian alias Omnibus Law Perpajakan. 

Baca Juga: Tak kerja full time, ini besaran gaji staf khusus Jokowi

Tujuannya agar fasilitas insentif perpajakan serta percepatan investasi antara pusat dan daerah dapat berjalan beriringan. “Saya minta perhatian Menteri Dalam Negeri betul-betul mengawal konsistensi, koherensi antara reformasi perpajakan di tingkat pusat dengan pembenahan pengaturan pajak dan retribusi di daerah,” tutur Jokowi dalam Rapat Terbatas di Istana Negara, Jumat (22/11). 

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati lebih lanjut menjelaskan, salah satu aspek yang akan diatur dalam Omnibus Law Perpajakan ialah rasionalisasi pajak daerah. 

“Ini tujuannya untuk mengatur kembali kewenangan pemerintah pusat untuk menetapkan tarif pajak daerah secara nasional yang akan ditegaskan dalam RUU ini dan ditegaskan juga pengaturannya nanti melalui Perpres (Peraturan Presiden),” tutur Menkeu usai Ratas tersebut. 

Terkait instruksi sinkronisasi pajak dan retribusi daerah itu, Sri Mulyani mengatakan, pemerintah akan berkonsultasi dengan asosiasi pemerintah daerah.

Baca Juga: Prabowo: Presiden tegaskan tidak boleh ada kebocoran anggaran pertahanan

Sebab selain mementingkan kemampuan daerah mengumpulkan pendapatan asli daerah (PAD) dengan optimal, pemerintah pusat berharap kebijakan di daerah juga menciptakan iklim usaha dan investasi yang baik. 

“Jadi di satu sisi PAD terjaga tapi ada konsistensi kebijakan antara pemerintah pusat dan daerah dari sisi perpajakannya. Ini akan terus kita formulasikan termasuk bagaimana Pemda melakukan perbaikan Perda (peraturan daerah) melalui Perkada (peraturan kepala daerah),” tutur Sri Mulyani. 




TERBARU

[X]
×