kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.520.000   12.000   0,80%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Pemblokiran iklan rokok di internet menuai penolahan dari berbagai pihak


Jumat, 28 Juni 2019 / 09:52 WIB
Pemblokiran iklan rokok di internet menuai penolahan dari berbagai pihak


Reporter: Handoyo | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Beberapa pihak menolak keras pemblokiran iklan rokok secara total di internet oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Mereka terdiri dari ketua umum Asosiasi Petani Tembakau Indonesia, Suseno; Sekjen Asosiasi Petani Cengkeh Indonesia (APCI), Ketut Budiman; ketua Komunitas Kretek, Aditia Purnomo; tim pembela kretek, Prananda Berbudi; ketua Komite Nasional Pelestarian Kretek (KNPK), Muhammad Nur Azami; ketua Liga Tembakau, Zulvan Kurniawan; serta ketua umum Aliansi Masyarakat Tembakau Indonesia (AMTI), Budidoyo. 

Mereka juga mendesak meninjauan ulang Surat Edaran nomor TM.04.01/Menkes/314/2019 tentang pemblokiran iklan rokok di internet. Selain itu, mereka meminta Kemenkominfo melibatkan seluruh stakeholders pertembakauan dalam melakukan pengawasan iklan rokok di internet.

“Kami mempertanyakan kepada Kominfo apa landasan hukum pemblokiran iklan rokok di internet? Karena regulasi yang ada terkait iklan rokok tidak ada satupun yang mengamanatkan pemerintah secara semena-mena memblokir iklan rokok,” tegas Azami, Kamis (27/6).

Pemblokiran total iklan rokok di internet juga tidak memiliki dasar hukum yang jelas, dikarenakan iklan rokok yang tayang di internet sudah memenuhi kaidah regulasi yang ada, seperti PP 109 tahun 2012 dan UU Penyiaran No 32 Tahun 2002. 

Azami juga meminta kepada Kementerian Perindustrian, Kementerian Keuangan, Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan untuk berperan aktif dalam melindungi kepentingan Industri Hasil Tembakau (IHT) nasional. 

"Kami menyerukan kepada seluruh stakeholders pertembakauan untuk melawan segala hal peraturan yang mendiskriminasikan produk hasil tembakau," tegas Azami.

Praktisi hukum dari Tim Pembela Kretek, Prananda Berbudi menilai sejauh ini iklan rokok yang beredar di internet sudah sesuai peraturan yang berlaku. 

Dalam hal pelanggaran promosi produk tembakau misalnya, pada pasal 40 PP 109 tahun 2012 telah dijelaskan mekanisme untuk menindaklanjuti, yaitu penarikan dan/atau perbaikan iklan; peringatan tertulis; dan/atau pelarangan sementara mengiklankan Produk Tembakau yang bersangkutan pada pelanggaran berulang atau pelanggaran berat. 

"Kalau sudah sesuai kenapa ada pemblokiran total? Tindakan Kominfo menjadi inkonstitusional," tanya dia. 

Dari sisi ekonomi, ketua Liga Tembakau Zulvan Kurniawan mengatakan total belanja iklan rokok di internet mencapai Rp 4 triliun. "Bayangkan potensi ekonomi yang hilang akibat kerugian pemblokiran iklan rokok di internet," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×