Reporter: Yohan Rubiyantoro |
JAKARTA. Sejumlah pelaku usaha saat ini mulai merasakan bahwa pemasaran produk melalui internet ternyata jauh lebih efektif dan menguntungkan. Direktur Utama PT Rattanland Furniture, Tonton Taufik menyebut perbandingan sejumlah cara pemasaran melalui media. Ia menyebutkan, untuk mencapai 50 juta pelanggan, diperlukan waktu 38 tahun bila beriklan di radio, sementara di televisi mencapai 13 tahun. "Tetapi melalu internet hanya 4 tahun," katanya Kamis, (5/1)
Tonton yang menerima Primaniyarta Award 2007 untuk kategori UKM ekspor ini mengatakan, ada tiga hal penting yang harus diperhatikan dalam berjualan melalui internet. Yakni, Produk, Website dan Traffic.
Ia menguraikan, produk yang dijual melalui internet tetap harus memiliki keunggulan dan daya saing. Selain itu pasokan bahan bakunya harus benar-benar dipertimbangkan. "Jangan sampai ada pesanan dari luar negeri tetapi tidak mampu untuk memenuhi," katanya. Kedua, website yang dibuat harus menarik, user friendly, mudah dicari dalam mesin pencari (search engines), dan website tersebut harus bisa menyakinkan visitor.
Ketiga, pelaku usaha yang menggunakan internet harus piawai mengelola traffic atau lalu lintas dari portal perdagangan dunia, Google, Yahoo, ataupun traffic dari direktori khusus. Selain itu, mereka juga harus aktif mengelola traffic dari email, seperti newsletter tiap bulan, autoresponder, Email Marketing, dan juga Blog Marketing.
Tonton juga mengatakan, ada 3 kunci sukses menjadi eksportir. Pertama, harga harus lebih murah dari pesaing. Kedua, kualitas harus lebih
tinggi dari pesaing. Ketiga, pengiriman barang harus lebih cepat dari pesaing.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News