Reporter: Bidara Pink | Editor: Yudho Winarto
KONTAN.CO.ID - LABUAN BAJO. Data Mandiri Spending Index menunjukkan, masyarakat Indonesia gemar belanja barang konsumsi dan melakukan perjalanan.
Kepala Ekonom Bank Mandiri Andry Asmoro mengungkapkan, data Mandiri Spending Index menunjukkan lebih dari 40% dialokasikan untuk restoran dan supermarket.
Selain makanan, sekitar 9% belanja dialokasikan untuk berbelanja pakaian atau fashion.
Baca Juga: Konsumsi Kaum Milenial Meningkat, Gubernur BI Optimistis Ekonomi RI Tetap Stabil
“Kita bisa lihat, (orang) Indonesia hobi jajan dan jalan-jalan,” terang Andry dalam Pelatihan Wartawan Bank Indonesia (BI), Sabtu (9/9).
Dengan perkembangan tersebut, Andry mengaku tak khawatir pertumbuhan konsumsi rumah tangga akan merosot di bawah 5% YoY.
Ini juga akan mendorong pertumbuhan pertumbuhan ekonomi di atas 5% YoY.
Namun, Andry memberi catatan untuk tetap menjaga pertumbuhan ekonomi, maka otoritas perlu mendorong kinerja investasi.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News