CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.470.000   4.000   0,27%
  • USD/IDR 15.946   -52,00   -0,33%
  • IDX 7.161   -53,30   -0,74%
  • KOMPAS100 1.094   -8,21   -0,74%
  • LQ45 872   -4,01   -0,46%
  • ISSI 216   -1,82   -0,84%
  • IDX30 446   -1,75   -0,39%
  • IDXHIDIV20 540   0,36   0,07%
  • IDX80 126   -0,84   -0,67%
  • IDXV30 136   0,20   0,15%
  • IDXQ30 149   -0,29   -0,20%

Operasi pengangkatan bangkai AirAsia QZ8501 batal


Jumat, 09 Januari 2015 / 22:48 WIB
Operasi pengangkatan bangkai AirAsia QZ8501 batal
ILUSTRASI. Twibbon Hari Anak Nasional 2023.


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

PANGKALAN BUN. Tim penyelam gabungan TNI Angkatan Laut akhirnya batal melakukan penyelaman pada malam hari untuk mengangkat bangkai pesawat AirAsia QZ8501 di Selat Karimata, dekat Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, Jumat (9/1) malam ini. Keputusan itu diambil melalui rapat "para bintang" yang dilakukan Panglima TNI Jenderal (TNI) Moeldoko dan rombongannya yang sedang berada di KRI Banda Aceh.

Selepas petang, Moeldoko bersama rombongannya mulai melakukan rapat untuk membahas kepastian penyelaman. Rapat itu juga diikuti antara lain oleh Panglima Armada Barat Laksda TNI Widodo, Komandan Gugus Keamanan Laut Barat Laksma TNI Abdul Rasyid, dan Komandan KRI Banda Aceh Letkol Arief Budiman.

Pada saat bersamaan, tim penyelam mulai melakukan persiapan di geladak helikopter KRI Banda Aceh. Berbagai alat penyelaman sudah disiapkan. Tiga perahu karet yang akan digunakan tim penyelam untuk turun ke permukaan air juga sudah disiagakan.

Saat persiapan selesai, tim penyelam masih berkumpul dan menunggu keputusan rapat. Untuk mengisi waktu, pengarahan kecil-kecilan mengenai teknis dan strategi penyelaman juga diberikan oleh para komandan regu.

Keputusan rapat baru muncul sekitar pukul 21.10 WIB. Rapat memutuskan penyelaman dibatalkan karena ombak yang cukup kencang dan bisa membahayakan keselamatan penyelam. Belum lagi, jarak pandang di air pada malam hari juga sangat terbatas.

"Informasi terakhir, penyelaman dibatalkan. Tapi penyelam tetap harus bersiap untuk besok pagi turun sepagi mungkin," kata Letnan Huda Prawira melaporkan keputusan rapat.

Sebelumnya, perintah untuk menyelam pada malam hari datang langsung dari Moeldoko. Instruksi menyelam diberikan setelah proses pengangkatan pesawat pada pagi dan siang harinya harus dihentikan karena arus bawah air yang kencang.

Pada malam hari, arus di bawah air memang normal sehingga penyelam bisa bergerak dengan mudah. Namun, gelombang di atas air dan jarak pandang yang minim menjadi rintangannya.

Meski begitu, Moeldoko beranggapan, penyelam tidak akan terlalu mengalami kesulitan karena tinggal melakukan tahapan terakhir, yakni mengaitkan crane kapal Crest Onyx ke tali yang sudah diikatkan ke ekor pesawat. Floating bag juga sudah terpasang dan tinggal dikembangkan menjadi balon yang dapat mengapungkan ekor pesawat. (Ihsanuddin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Advokasi Kebijakan Publik di Era Digital (Teori dan Praktek) Mengenal Pentingnya Sustainability Reporting

[X]
×