kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Meski PPKM Dicabut, Pemerintah Tegaskan Pandemi Belum Berakhir


Kamis, 26 Januari 2023 / 16:06 WIB
Meski PPKM Dicabut, Pemerintah Tegaskan Pandemi Belum Berakhir
ILUSTRASI. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. Meski PPKM Dicabut, Pemerintah Tegaskan Pandemi Belum Berakhir.


Reporter: Dendi Siswanto | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA  Pemerintah telah mencabut kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada akhir Desember 2022.

Meski begitu, Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Iskandar Simorangkir menegaskan, meski pemerintah mencabut status PPKM, namun pandemi Covid-19 masih belum berakhir.

"Ini masih masa transisi. Tidak bisa dibilang PPKM dicabut, pandemi berakhir. Kita menuju transisi ke masa normal pola hidup," ujar Iskandar saat ditemui Kontan.co.id di Komplek Gedung Kemenko Perekonomian, Kamis (26/1).

Baca Juga: Airlangga Pastikan Satgas Covid-19 Tetap Jalan Meski Kebijakan PPKM Dicabut

Iskandar bilang, dengan dicabutnya status PPKM, masyarakat bisa melakukan berbagai kegiatan dengan normal namun tetap tidak lepas dari protokol kesehatan (prokes).

"Kita menuju fase normal, tapi namanya fase transisi)," katanya.

Dirinya melihat, ada beberapa sektor yang mengalami pemulihan setelah pencabutan status PPKM, misalnya saja sektor transportasi, pergudangan, makan dan minum, hingga sektor pariwisata. Pasalnya, sektor tersebut mengalami perlambatan akibat pandemi Covid-19.

Hanya saja, meski status PPKM telah berakhir, namun pemerintah masih belum mencabut status pandemi Covid-19 lantaran secara global belum berakhir sepenuhnya.

Baca Juga: Menkes Tegaskan Booster Kedua Masih Diberikan Gratis Pada Masyarakat

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga mengatakan, satuan tugas (satgas) Covid-19 tetap akan berjalan dalam menjalankan tugasnya untuk memantau perkembangan covid-19 di Indonesia. Selain itu, di masa transisi ini pemerintah juga akan tetap mengejar capaian booster yang diberikan secara gratis.

"Di masa transisi ini Satgas Covid-19 tetap berjalan sampai masyarakat resilience," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×