kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45909,17   5,84   0.65%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menteri Perdagangan berharap indeks keberdayaan konsumen Indonesia terus meningkat


Kamis, 12 November 2020 / 18:38 WIB
Menteri Perdagangan berharap indeks keberdayaan konsumen Indonesia terus meningkat
ILUSTRASI. Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto


Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Perdagangan Agus Suparmanto berharap, Indeks Keberdayaan Konsumen (IKK) Indonesia bisa terus meningkat dari saat ini yang berada pada level mampu.

"IKK menjadi dasar untuk menetapkan kebijakan di bidang perlindungan konsumen dan mengukur kesadaran dan pemahaman konsumen dalam terhadap hak dan kewajibannya, serta mampu berinteraksi dengan pasar. Saya berharap ke depan IKK akan terus meningkat menjadi level kritis, dan pada akhirnya menjadi berdaya," ujar Agus dalam puncak peringatan Hari Konsumen Nasional 2020, Kamis (12/11).

Menurut Agus, dengan IKK Indonesia yang saat ini berada pada level mampu, berarti konsumen telah mampu menggunakan hak dan kewajibannya sebagai konsumen untuk menentukan pilihan terbaik serta menggunakan produk dalam negeri.

Lebih lanjut, Agus pun mengatakan, Kementerian Perdagangan terus berupaya memberdayakan dan melindungi konsumen yakni dengan memberikan edukasi baik secara langsung maupun tidak langsung.

Baca Juga: Kata Mendag Agus Suparmanto terkait progres RCEP

Dengan adanya upaya meningkatkan perlindungan konsumen, diharapkan konsumen menjadi cerdas, berdaya dan mencintai produk dalam negeri. Menurut Agus, konsumen yang cerdas dan berdaya pun akan turut mendorong para pelaku usaha untuk meningkatkan kualitas produk dan layanannya.

"Konsumen diharapkan berpartisipasi aktif dalam memberikan penilaian yang objektif bagi pelaku usaha agar tercipta transparansi dan kontrol sosial pada perdagangan sehingga memacu pengusaha untuk terus meningkatkan kualitas dan integritasnya agar mampu membangun kepercayaan konsumen dan mampu bersaing secara kompetitif," ujar Agus.

Selain melindungi konsumen, Agus pun mengatakan, Kemendag turut mendapatkan mandat untuk memfasilitasi produsen agar turut berkembang. 

Dalam memfasilitasi produsen, menurutnya perlu diciptakan iklim berusaha yang memudahkan pelaku usaha dalam menjalankan bisnis sekaligus mendorong pelaku usaha agar memenuhi kaidah-kaidah daya saing baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Selanjutnya: Presiden Jokowi: RCEP akan membawa manfaat positif bagi kawasan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×