kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto Sebut Rencana Detail Tata Ruang IKN Rampung Akhir 2022


Rabu, 14 September 2022 / 22:01 WIB
Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto Sebut Rencana Detail Tata Ruang IKN Rampung Akhir 2022
Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto Sebut Rencana Detail Tata Ruang IKN Rampung Akhir 2022


Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto berkomitmen mengawal pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Hal ini merupakan salah satu dari tiga amanat Presiden Joko Widodo kepada Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) untuk memperlancar pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara, pada Rabu (14/09/2022). 

Hadi mengatakan dalam kunjungannya kali ini bertujuan untuk memastikan apa yang menjadi tugas Kementerian ATR/BPN dalam pembangunan IKN benar-benar terlaksana dengan baik di lapangan.

"Sesuai arahan Bapak Presiden kepada saya dalam hal mendukung pembangunan IKN, saat ini saya melakukan peninjauan sejumlah lokasi di kawasan IKN Nusantara, memastikan semua tugas Kementerian ATR/BPN berjalan dengan baik," kata Hadi dalam keterangan tertulis, Rabu (14/9). 

Baca Juga: Hari Ini, Otorita IKN-BPN Gelar Konsultasi Publik Rencana Detail Tata Ruang IKN

Terkait kebijakan tata ruang, Hadi menyatakan bahwa Kementerian ATR/BPN telah menyusun Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Nasional IKN 2022-2024 yang dituangkan dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 64 Tahun 2022.

Hadi mengatakan, ATR/BPN sudah menyusun 4 dari 9 materi teknis Rencana Detail Tata Ruang (RDTR). Yakni Wilayah Perencanaan (WP) 1 Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), WP 2 IKN Barat, WP 4 IKN Timur 1, WP 5 IKN Timur. 

Keempat materi teknis RDTR tersebut sudah dilakukan serah terima dokumen RDTR kepada Badan Otorita untuk selanjutnya dilakukan proses legislasi. 

"Saya pastikan akhir tahun 2022 semua sudah selesai dan kita akan terus berkoordinasi dengan stakeholders terkait dalam penyelesaian RDTR bagi kawasan strategis IKN," ucap Hadi. 

Baca Juga: Bahas Penetapan RDTR IKN, BPN Akan Koordinasi dengan Otorita IKN dan KLHK

Kemudian, terkait dengan pengadaan tanah bagi pembangunan IKN, Menteri ATR/Kepala BPN menjelaskan bahwa dalam perolehan tanah di IKN, akan dilakukan pelepasan kawasan hutan dan pengadaan tanah. 




TERBARU

[X]
×