kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mensos: 37.000 Tagana bantu tanggulangi penyebaran corona


Rabu, 25 Maret 2020 / 10:48 WIB
Mensos: 37.000 Tagana bantu tanggulangi penyebaran corona
ILUSTRASI. Menteri Sosial Juliari P. Batubara


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Di tengah upaya bangsa Indonesia memerangi penyebaran virus corona (Covid 19), Taruna Siaga Bencana (Tagana) turut serta terjun melaksanakan aksi menanggulangi virus ini di berbagai pelosok daerah.

Pada hari ini  Selasa (24/3), Tagana merayakan Hari Ulang Tahun ke-16. Situasi ini semakin memperkuat tekad Tagana membantu pemerintah mencegah penyebaran melalui berbagai kegiatan kemanusiaan.

"Tagana secara proaktif melalui dinas sosial setempat melakukan aksi nyata kampanye pencegahan penyebaran virus corona hingga ke pelosok desa, bakti sosial penyemprotan disinfektan di berbagai fasilitas publik, dan terlibat dalam Gugus Tugas Covid-19 bertanggung jawab dalam pengelolaan Dapur Umum," kata Menteri Sosial Juliari P. Batubara dalam keterangan persnya.

Baca Juga: Hasil rapid test negatif, tak menjamin terbebas dari virus corona covid, kok bisa?

Tagana, bagi Mensos, memiliki makna tersendiri. "Tagana adalah relawan sejati yang bekerja tanpa pamrih," kata Mensos memberikan apresiasi kiprah Tagana selama 16 tahun. Mensos mengungkapkan ia selalu memantau aktivitas sosial dan kemanusiaan yang dilakukan Tagana di seluruh Indonesia melalui grup whatsapp "Tanggap Darurat" dan "Tagana Indonesia".

Dari aplikasi pesan tersebut setiap harinya ia menerima laporan secara langsung dan real time dari anggota Tagana di berbagai wilayah di Indonesia.

Baca Juga: Film Wonder Woman 1984 tunda jadwal tayang karena virus corona

Ia menjelaskan sejak ditemukan adanya penderita Covid-19 di beberapa daerah di Indonesia, Tagana bersama unsur relawan lainnya bergerak cepat dengan melakukan sosialisasi maupun edukasi kepada warga, serta melakukan penyemprotan cairan disinfektan di rumah-rumah ibadah, sekolah, pasar, panti sosial, dan lain-lain.

"Saya memantau langsung pergerakan para relawan Tagana di berbagai daerah dalam pencegahan penyebaran virus yang mematikan ini dan Tagana dengan cepat melakukan upaya antisipasi dengan tetap berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait," tuturnya.

Mensos menyontohkan Tagana Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara melakukan sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dans Sehat (PHBS), kemudian Tagana Kotamobagu yang melakukan Patroli Gabungan Pencegahan Penyebaran Covid-19, juga aksi nyata Tagana Provinsi Jawa Timur yang melakukan penyemprotan disinfektan di 38 kabupaten/kota se-Jatim.




TERBARU

[X]
×