kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.008,66   -3,38   -0.33%
  • EMAS988.000 -0,20%
  • RD.SAHAM -0.27%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.09%

Menlu Retno: Presiden Jokowi Lanjutkan Agenda ke Ukraina Usai Hadiri KTT G7


Selasa, 28 Juni 2022 / 12:18 WIB
Menlu Retno: Presiden Jokowi Lanjutkan Agenda ke Ukraina Usai Hadiri KTT G7
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo (Jokowi) berbincang dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Presiden AS Joe Biden


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, usai menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 di Jerman, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan langsung melanjutkan perjalanan ke Ukraina.

Sebelumnya kemarin (27/6) Jokowi menghadiri KTT G7 yang digelar di Schloss Elmau, Jerman. Di sana Jokowi mengikuti dua sesi pertemuan yang membahas soal energi dan pangan.

"Bapak presiden telah selesai melakukan rangkaian pertemuan dalam rangka KTT G7 atau KTT G7 and partner countries yang diselenggarakan di Elmau, jadi Elmau sekitar 113 kilometer dari Munchen," kata Retno dalam Konferensi Pers Virtual, Selasa (28/6).

Baca Juga: Presiden Jokowi Minta G7 dan G20 Kompak Atasi Krisis Pangan Global

Selain Indonesia, KTT G7 kali ini juga mengundang India, Senegal, Afrika Selatan dan Argentina sebagai partner countries.

Selanjutnya, Jokowi akan meneruskan perjalanan ke Ukraina melalui Polandia. Retno mengungkap, dalam rencana kunjungan Presiden ke Ukraina, Ia telah melakukan komunikasi intensif dengan berbagai pihak Ukraina. Usai dari Ukraina Jokowi akan melanjutkan perjalanan ke Rusia.

Kunjungan Indonesia ke dua negara ini dalam rangka membawa misi perdamaian, agar Rusia dan Ukraina mau membuka ruang dialog untuk mencapai perdamaian.

"Tentunya komunikasi juga terus kita lakukan dengan Ukraina dan Rusia sendiri," imbuhnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Teken Keppres 7/2022, Wapres Ma'ruf Amin Jadi Plt Presiden

Komunikasi-komunikasi lain juga dilakukan Retno, antara lain dengan Presiden Palang Merah Internasional, United Nations Office for the Coordination of Humanitarian Affair (UNOCHA), Sekjen United Nations Conference on Trade and Development, Menteri Luar Negeri Turki dan Sekjen PBB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×