kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45995,96   -12,32   -1.22%
  • EMAS991.000 1,02%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Presiden Jokowi Teken Keppres 7/2022, Wapres Ma'ruf Amin Jadi Plt Presiden


Selasa, 28 Juni 2022 / 11:12 WIB
Presiden Jokowi Teken Keppres 7/2022, Wapres Ma'ruf Amin Jadi Plt Presiden
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo (kiri) bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin (kanan) bersiap memimpin rapat kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta, Senin (20/6/2022). Presiden Jokowi Teken Keppres 7/2022, Wapres Ma'ruf Amin Jadi Plt Presiden.


Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Presiden Joko Widodo meneken Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 9 Tahun 2022 Tentang Penugasan Wakil Presiden Melaksanakan Tugas Presiden pada 24 Juni 2022.

Dilansir dari salinan Keppres yang diunggah di laman resmi Sekretariat Negara, Selasa (28/6/2022), aturan ini menegaskan penugasan kepada Wakil Presiden Ma'ruf Amin untuk melaksanakan tugas sehari-hari Presiden Joko Widodo sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan. 

Adapun penugasan tersebut adalah selama Presiden Jokowi melaksanakan kunjungan kerja dan/atau kenegaraan ke Jerman, Polandia, Ukraina, Rusia, dan Persatuan Emirat Arab (UEA) pada tanggal 26 Juni sampai dengan 2 Juli 2022 atau sampai dengan tanggal tiba kembali di Tanah Air. 

Kemudian, apabila dalam jangka waktu penugasan tersebut, perlu segera ditetapkan suatu kebijakan baru, maka Wakil Presiden Ma'ruf Amin sebagai pelaksana tugas (plt) presiden wajib terlebih dahulu berkonsultasi dan meminta persetujuan Presiden Jokowi. 

Baca Juga: Diplomasi Jokowi di Tengah Krisis Global

Setelah Presiden Jokowi kembali di Tanah Air, penugasan berakhir dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin segera melaporkan pelaksanaan tugas tersebut kepada presiden. 

Keppres ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan, yakni sejak 24 Juni 2022. 

Sebagaimana diketahui, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Jokowi bersama rombongan terbatas bertolak ke Jerman pada Minggu (26/6/2022). Kunjungan tersebut dalam rangka menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 pada 27-28 Juni di Jerman. 

Baca Juga: Putin Lakukan Perjalanan Perdana ke Luar Negeri Sejak Invasi Ukraina

Setelahnya, Jokowi juga akan berkunjung ke Ukraina dan bertemu dengan Presiden Volodimyr Zelenskyy. Usai mengunjungi Ukraina, Jokowi juga akan berkunjung ke Rusia untuk bertemu Presiden Vladimir Putin. 

Dikatakan Jokowi, lawatannya ke kedua negara itu bertujuan membawa misi perdamaian. Kepala negara akan mengakhiri rangkaian lawatan luar negerinya dengan mengunjungi UEA.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jokowi Teken Keppres 7/2022, Ma'ruf Amin Jadi Plt Presiden hingga 2 Juli "
Penulis : Dian Erika Nugraheny
Editor : Bagus Santosa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×