kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menkeu: Rancangan kebijakan yang tepat penting bagi kesejahteraan masyarakat


Kamis, 01 Juli 2021 / 17:02 WIB
Menkeu: Rancangan kebijakan yang tepat penting bagi kesejahteraan masyarakat
ILUSTRASI. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.


Reporter: Yusuf Imam Santoso | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menjelaskan pandemi Covid-19 yang menimbulkan krisis di bidang kesehatan, berkorelasi dengan kontraksi ekonomi. Selain itu, penanganan pandemi dengan cara vaksinasi terus ditingkatkan dalam situasi hampir seluruh negara menghadapi gelombang ketiga dengan varian baru covid yang berbeda dan lebih berbahaya.

“Sekarang situasinya tentu saja untuk semua negara, ekonomi akan berkontraksi, pemulihan akan tergantung pada bagaimana Anda akan mengatasi masalah ini, dan bagaimana merancang kebijakan agar dapat melindungi rakyat dari masalah kesehatan ini. Keselamatan rakyat sangat penting dan pemulihan ekonomi serta memastikan sistem keuangan juga akan terus stabil, makroekonomi,  fiskal akan terus berkelanjutan dan sehat, juga tidak kalah penting,” jelas Menkeu dalam acara yang bertajuk Emerging Challenges for the post Covid Era: Addressing Opportunity, Inequality and Growth Rabu (30/6).

Masalah pandemi sama seperti perubahan iklim yaitu masalah global sehingga tidak dapat diatasi sendiri, kecuali semua negara akan memiliki akses vaksinasi. Indonesia termasuk negara yang bergerak sangat cepat dalam proses pengadaan vaksin dan mengerahkan  sumber daya untuk mempercepat program vaksinasi.

Baca Juga: Reformasi Perpajakan di RUU KUP Mulai Dikebut

“Beberapa negara benar-benar ingin memesan tetapi tidak memiliki ruang fiskal dan sumber daya. Secara global, kami membahas di G20 ada inisiatif untuk menemukan dan mengamankan pasokan vaksin dalam mendukung terutama untuk negara berpenghasilan rendah,” ungkap Menkeu.

Hingga saat ini, Indonesia telah melaksanakan program vaksinasi untuk sekitar 41 juta penduduk dan Presiden menginginkan untuk dapat ditingkatkan menjadi dua juta penduduk per hari mendapatkan vaksinasi. Semua negara sekarang menghadapi situasi adanya varian baru yang lebih berbahaya dan menjadi tugas yang sangat sangat menantang bagi semua negara di dunia

“Jadi kami mencoba melakukan bagian kami sebagai anggota, juga untuk Presidensi Indonesia di G20 tahun depan. Kami berharap dapat membantu memecahkan masalah bersama secara global,” tutup Menkeu. 

Selanjutnya: Sri Mulyani: Basis perpajakan kita harus makin diperluas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×