kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45740,00   -14,18   -1.88%
  • EMAS1.007.000 -0,20%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN -0.11%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menilik kesiapan sekolah swasta gelar kegiatan belajar di era new normal


Selasa, 14 Juli 2020 / 17:31 WIB
Menilik kesiapan sekolah swasta gelar kegiatan belajar di era new normal
ILUSTRASI. Guru memberikan materi saat Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) kepada siswa baru secara daring di SMA Negeri 8 Jakarta, Senin (13/7/2020). Kegiatan MPLS dan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di sekolah tersebut bertujuan untuk mencegah penyebaran COVID

Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di tengah pandemi covid-19 yang masih menggejala, tahun ajaran baru 2020/2021 sudah dimulai sejak Senin (13/7) kemarin. Tahun ajaran kali ini tentu berbeda, karena ada sejumlah penyesuaian metode belajar mengajar di era new normal seperti sekarang.

Pihak sekolah pun dituntut siap untuk mempraktekkan kegiatan belajar secara virtual atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Sejumlah sekolah swasta mengaku sudah menyiapkan infrastruktur dan metode pembelajaran berbasis online untuk menunjang PJJ agar kualitas belajar bisa tetap terjaga.

Baca Juga: Sertifikasi halal, Komisi VIII DPR soroti rebutan kewenangan antara BPJPH dan MUI

Global Sevilla menjadi salah satu sekolah swasta yang siap menggelar PJJ hingga pemerintah kembali menyatakan aman untuk belajar tatap muka seperti biasa. Superintendent Global Sevilla Michael Thia menyatakan, pihaknya telah menerapkan Home-Based Learning (HBL) sejak bulan April 2020 lalu.

Metode pembelajaran ini diterapkan di seluruh jenjang pendidikan Global Sevilla mulai dari kindergarten, primary, hingga secondary atau dari jenjang setara pendidikan dini, Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah Menengah (SMP/SMA). "Untuk sampai kapan (penerapan HBL), kami menunggu info dari pemerintah dan juga memantau green zone untuk di area sekitar sekolah kami," kata Thia kepada Kontan.co.id, Selasa (14/7).

Adapun saat ini Global Sevilla ada di dua lokasi, yakni di Pulo Mas Jakarta Timur dan Puri Indah Jakarta Barat. Thia memastikan, kualitas pembelajaran dengan HBL akan tetap terjaga. Apalagi HBL Global Sevilla diterapkan melalui media virtual dengan sistem dan standar yang diberlakukan di Singapura. "Kualitas HBL kami praktis sama dengan sistem offline. Dengan HBL anak didik justru digembleng lebih mandiri dan menjadi lifelong learner," jelas Thia.

Thia pun menyatakan, tidak banyak penyesuaian biaya yang dilakukan atas metode belajar virtual ini. "Relatif masih sama untuk aspek pembiayaan," sebutnya.

Baca Juga: Solo zona hitam corona! Ini sederet fakta lengkapnya...

Senada dengan Global Sevilla, Badan Pendidikan Kristen (BPK) PENABUR pun sudah menerapkan sistem PJJ untuk seluruh jenjang pendidikan, baik TK, SD, SMP, SMA, dan SMK yang ada di bawah naungannya.

Ketua Umum Yayasan BPK PENABUR Adri Lazuardi mengatakan, sistem PJJ telah dimulai sejak covid-19 merebak pada pertengahan Maret 2020 dan rencananya bakal diterapkan hingga akhir tahun ini. "Namun tidak menutup kemungkinan bisa berubah mengikuti situasi dan arahan dari pemerintah serta pertimbangan ijin dan kenyamanan dari orang tua siswa," kata Adri.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×