kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45940,24   -1,13   -0.12%
  • EMAS924.000 0,11%
  • RD.SAHAM -0.83%
  • RD.CAMPURAN -0.34%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.19%

Menhub yakin serapan anggaran Kemenhub tahun ini capai lebih dari 95%


Rabu, 23 Desember 2020 / 18:50 WIB
Menhub yakin serapan anggaran Kemenhub tahun ini capai lebih dari 95%
ILUSTRASI. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberi masker kepada penumpang kereta api. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/wsj.

Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi Capaian Kinerja Kementerian Perhubungan di tahun ini. Salah satunya adalah realisasi serapan anggaran yang disebut lebih dari 95%.

"Pertama kali, Insya Allah Kemenhub akan mencapai penyerapan lebih dari 95%. Artinya di tengah-tengah pandemi, kami sekuat tenaga untuk memastikan pembangunan-pembangunan itu bisa kita lakukan dengan baik," ujar Budi  dalam konferensi pers, Rabu (23/12).

Adapun, pagu anggaran Kemenhub di 2020 mencapai 35,38 Triliun. Dengan begitu, realisasi serapan anggaran Kemenhub tahun ini bisa lebih dari Rp 33,6 triliun.

Baca Juga: Pemerintah pantau perkembangan varian baru virus corona (Covid-19)

Budi menjelaskan, meski tahun ini terdapat pandemi Covid-19, tetapi Budi menegaskan bahwa kegiatan pembangunan tetap berjalan, khususnya untuk melayani masyarakat dan memastikan segala moda transportasi berjalan dengan baik.

Adapun, dia menyebut berbagai proyek yang dilaksanakan seperti seperti Pelabuhan Patimban yang sudah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, membangun Jalur ganda kereta api lintas selatan Jawa, runway ketiga Bandara Soekarno Hatta, membangun Bandara Internasional Yogyakarta,  menyelesaikan pembangunan kapal perintis lebih dari 100 kapal, membangun pelabuhan Gilimas, hingga mereaktivasi angkutan kereta api menuju kota-kota kecil.

"Kita juga banyak melakukan kegiatan-kegiatan subsidi laut, udara, kereta api. Secara khusus kita akan intensifkan buy the service untuk angkutan darat," lanjut Budi.

Budi pun menyebut di tahun mendatang Kemenhub masih akan melanjutkan pembangunan berbagai proyek transportasi, misalnya melanjutkan pembangunan LRT Jabodetabek, membangun berbagai bandara di daerah terluar dan terpelosok, pembangunan pelabuhan di lokasi pariwisata, pengembangan bandara, pembangunan terminal dan berbagai proyek lainnya.

Baca Juga: Menilik kekayaaan menteri baru Jakowi, Sandiaga hartanya Rp 5 triliun

Tak hanya itu, Budi juga mengatakan Kemenhub akan tetap mengalokasikan anggaran untuk subsidi baik untuk darat, laut, kereta api hingga udara.

Adapun, di tahun 2021, Kemenhub mendapatkan anggaran sekitar Rp 45 triliun, dimana sekitar 51% dianggarkan untuk modal infrastruktur.

Selanjutnya: Ekonomi kuartal IV-2020 diyakini bakal membaik, berikut indikatornya

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×