kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45686,19   14,05   2.09%
  • EMAS917.000 0,11%
  • RD.SAHAM 0.54%
  • RD.CAMPURAN 0.26%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.10%

Menaker: Tambahan cuti bersama bersifat fakultatif, tak wajib dijalankan


Senin, 09 Maret 2020 / 15:26 WIB
Menaker: Tambahan cuti bersama bersifat fakultatif, tak wajib dijalankan
Sejumlah menteri menandatangani Surat Keputusan Bersama tentang hari libur dan cuti bersama tahun 2020, Senin (9/3).

Reporter: Abdul Basith | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah memutuskan menambah cuti bersama di tahun ini. Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah yakin, tambahan cuti bersama tersebut tidak akan mendapat tentangan dari dunia usaha.

Sebab, Ida bilang, cuti bersama bersifat fakultatif sehingga tidak wajib dijalankan.

Baca Juga: Hore, pemerintah tambah cuti bersama tahun ini sebanyak empat hari

"Sifatnya fakultatif atau pilihan sesuai kesepakatan antara pengusaha dan pekerja," ujar Ida usai rapat di Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Minggu (9/3).

Asal tahu saja pemerintah menambah jumlah hari libur dan cuti bersama tahun 2020. Sebelumnya terdapat 20 hari libur dan cuti bersama menjadi 24 hari libur dan cuti bersama.

Penambahan cuti bersama itu, kata Ida,  tidak akan mengganggu produktivitas. Justru tambahan libur akan membuat karyawan bisa bekerja dengan optimal saat kembali kerja.

"Kalau punya kesempatan libur, setelah liburnya selesai diharapkan tingkat produktivitasnya meningkat karena semangat baru," terang Ida.

Ida mencontohkan, libur yang lebih lama akan mendorong pertumbuhan ekonomi. Hal itu dilihat pada tahun 2018 memiliki hari libur yang lebih lama dibandingkan tahun 2019 dan pertumbuhan ekonominya lebih baik.

Sebab, masa libur juga meningkatkan ekonomi pariwisata. Efek domino dari pariwisata pun dinilai sangat banyak seperti industri kuliner, perhotelan, dan ekonomi kreatif yang diharapkan ikut terdorong dengan adanya tambahan libur ini.

Baca Juga: Menko PMK gelar rapat bahas libur nasional dan cuti bersama 2020

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×