kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mau Masuk Indonesia? Simak Aturan Perjalanan Luar Negeri Terbaru Mulai 17 Juli 2022


Sabtu, 09 Juli 2022 / 09:21 WIB
Mau Masuk Indonesia? Simak Aturan Perjalanan Luar Negeri Terbaru Mulai 17 Juli 2022
ILUSTRASI. Seorang penumpang pesawat antre di loket dekat papan jadwal penerbangan di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (7/1/2022). Simak aturan perjalanan luar negeri terbaru yang berlaku mulai 17 Juli 2022. ANTARA FOTO/Fauzan.


Reporter: SS. Kurniawan | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah menyesuaikan aturan perjalanan luar negeri. Simak aturan perjalanan luar negeri terbaru yang berlaku mulai 17 Juli 2022.

Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, kebijakan tersebut demi meningkatkan perlindungan bagi masyarakat saat bepergian serta memacu program booster vaksinasi di dalam dan luar negeri.

Sehingga, masyarakat yang sudah booster tidak menulari orang lain jika sedang bepergian.

Wiku menyebutkan, kebijakan masuk bagi pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) ke Indonesia masih sama seperti sebelumnya. Namun, PPLN perlu menyesuaikan kebijakan PPDN jika akan bepergian secara domestik atau di dalam Indonesia.

"Kebijakan akan berlaku per 17 Juli, dan akan dievaluasi setelah berjalan. Satgas merilis kebijakan 10 hari sebelumnya sebagai pra kondisi, sehingga masyarakat punya waktu untuk mendapatkan vaksin booster," ujar Wiku dalam keterangan tertulis, Sabtu (9/7).

Baca Juga: Wajib Vaksin Booster Mulai 17 Juli 2022, Ini Syarat Naik Pesawat di Aturan Terbaru

Dalam aturan terbaru, Wiku mengatakan, penyesuaian kebijakan perjalanan luar negeri tertuang dalam Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19  Nomor 22 Tahun 2022.

Penyesuaian terkait pelaku perjalanan luar negeri yang tertuang dalam SE No. 22/2022 antara lain:

Pertama, pengaturan kewajiban booster sebagai syarat PPLN masuk ke Indonesia. Juga, penyesuaian pembedaan syarat antar PPLN
berdasarkan status vaksinasi. Perinciannya: 

  • PPLN diwajibkan vaksinasi dosis kedua dengan pengecualian bagi anak usia kurang dari 18 tahun, pemegang izin tinggal dinas dan izin tinggal diplomatik, pemegang KITAS dan KITAP, PPLN Post-Covid recovery, dan PPLN dengan kondisi kesehatan khusus. 
  • Skrining gejala kepada seluruh PPLN di entry point dan pemeriksaan konfirmasi RT PCR bagi PPLN yang terdeteksi di entry point memiliki gejala terkait Covid-19 dan/atau suhu tubuh di atas 37,5 derajat Celcius.

Kedua, penyesuaian kebijakan vaksinasi di entry point termasuk menambah opsi jenis dosis yang tersedia. Layanan vaksinasi di entry point bagi WNI akan ditanggung pemerintah. Sedangkan untuk WNA wajib booster di negara keberangkatan.

Baca Juga: Syarat Perjalanan Terbaru Wajib Vaksin Booster, Berlaku Mulai Tanggal Ini

Ketiga, pengaturan kewajiban booster untuk WNI PPLN yang ke luar negeri dari Indonesia. WNI PPLN dengan usia di atas 18 tahun wajib melampirkan bukti telah menerima vaksin dosis ketiga (booster) sebagai syarat keberangkatan ke luar negeri.

Kecuali, PPLN post-Covid recovery dan PPLN dengan kondisi kesehatan khusus.

"Khusus untuk WNA, meskipun nanti sudah berlaku aturan ini, persyaratannya tetap sama dengan sekarang, di mana harus vaksin lengkap dan hanya yang bergejala yang akan diperiksa," kata Wiku. 

"Untuk para WNA yang akan masuk ke Indonesia kemudian jadi PPDN (pelaku perjalanan dalam negeri) dan masih vaksin lengkap atau belum booster, harus melakukan testing seperti PPDN WNI," imbuh Wiku.

Dengan pengaturan yang berusaha selalu adaptif dengan keadaan, misalnya, mensyaratkan vaksin lengkap dan booster, menurut Wiku, pemerintah berupaya agar seluruh pengalaman perjalanan, baik domestik maupun internasional, bisa menjamin keamanan dan kenyamanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×