kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Login Prakerja.go.id, Pengumuman Penerima Prakerja Gelombang 46 Sudah Ada,


Sabtu, 08 Oktober 2022 / 10:36 WIB
Login Prakerja.go.id, Pengumuman Penerima Prakerja Gelombang 46 Sudah Ada,
ILUSTRASI. Login Prakerja.go.id, Pengumuman Penerima Prakerja Gelombang 46 Sudah Ada,


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Selamat untuk penerima Kartu Prakerja gelombang 46. Untuk cek pengumuman penerima Kartu Prakerja Gelombang 46, segera akses website Prakerja.go.id atau buka SMS di handphone (hp).

Seperti diketahui, seleksi Program Kartu Prakerja berlangsung setiap minggu. Nah, pada pekan ini berlangsung seleksi Kartu Prakerja gelombang 46.

Berbeda dengan sebelumnya, pendaftaran Prakerja gelombang 46 dibuka pada Selasa Oktober 2022 2022. Pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang sebelumnya dibuka setiap hari Minggu.

Nah, pengumuman penerima Prakerja gelombang 46 disampaikan akun Instagram resmi @Prakerja.go.id. "Halo penerima Kartu Prakerja Gelombang 46! Selamat ya, yuk SEGERA BELI PELATIHAN dan HABISKAN SALDO PELATIHAN kamu!," tulis akun @Prakerja.go.id.

Akun @Prakerja.go.id juga mengingatkan agar penerima Kartu Prakerja gelombang 46 menautkan rekening bank atau e-wallet untuk mendapatkan insentif tunai. Dengan dana tersebut, penerima prakerja bisa beli pelatihan yang sesuai minat dan tujuan.

Cara cek pengumuman penerima Kartu Prakerja gelombang 46

Sama seperti pendaftaran, pengumuman Kartu Prakerja gelombang 46 juga berlangsung secara online. Cara cek hasil pengumuman penerima Prakerja Gelombang 46 bisa diakses dengan membuka link website Prakerja.go.id.

Pada waktu pengumuman seleksi gelombang, login ke akun Anda, lalu cek dashboard. Jika lolos seleksi gelombang, Anda juga akan menerima notifikasi kelolosan melalui SMS dan e-mail.

Baca Juga: Bantuan Kartu Prakerja di 2023 Naik Jadi Rp 4,2 Juta, Nilai Insentif Turun

Anda bisa langsung buka SMS di handphone untuk mengetahui pengumuman penerima Kartu Prakerja gelombang 45.

Pastikan Anda telah menonton tiga video tentang Kartu Prakerja untuk dapat melihat nomor Kartu Prakerja. Jika Anda tidak lolos, akan ada notifikasi "Kamu Belum Berhasil" pada dashboard akun Prakerja. Anda dapat melihat alasan tidak lolos setiap gelombang yang diikuti pada menu "Riwayat Gelombang" di dashboard Prakerja.

Langkah setelah lolos Prakerja gelombang 46

Apabila lolos Prakerja gelombang 46, cek dashboard Prakerja, catat 16 angka nomor Kartu Prakerja, dan pastikan saldo pelatihan sudah tersedia. Kartu Prakerja tidak diberikan dalam bentuk kartu fisik.

Gunakan 16 angka Nomor Kartu Prakerja untuk membeli pelatihan. Jaga kerahasiaan nomor Kartu Prakerja agar Anda dapat terus membeli pelatihan untuk meningkatkan kompetensi. Gunakan fitur "Cari Pelatihan" untuk mencari pelatihan yang tersedia di Kemnaker, Bukalapak, Tokopedia, Pijar Mahir, Pintaria, dan Karier Mu.

Berikutnya, cek deskripsi mencakup informasi mengenai harga pelatihan, rating, durasi pelatihan, tingkat materi, dan cara mengajar sebagai pertimbangan sebelum membeli pelatihan. Beli dan bayar pelatihan dengan nomor Kartu Prakerja.

Batas waktu pembelian pelatihan adalah 30 hari sejak menerima pengumuman yang ada di dashboard. Jika mengalami kesulitan saat membeli pelatihan, Anda dapat menghubungi contact center mitra Digital Platform.

Insentif untuk penerima Prakerja gelombang 46

Setelah lolos seleksi, penerima Prakerja gelombang 46 akan mendapatkan insentif. Insentif hanya diberikan kepada pemegang Kartu Prakerja yang sah yang telah menyelesaikan pelatihan pertama.

Insentif Prakerja gelombang 46 terdiri dari dua jenis, yakni:

  • Insentif biaya mencari kerja, sebesar Rp 600.000 per bulan selama empat bulan
  • Insentif pengisian survei evaluasi, sebesar Rp 50.000 per survei.

Kapan menerima insentif Prakerja?

Jika Anda lolos menjadi penerima Kartu Prakerja, Anda akan menerima insentif biaya mencari kerja setelah:

Telah menyelesaikan pelatihan yang ditandai dengan adanya sertifikat Jika penerima Kartu Prakerja mengikuti lebih dari satu pelatihan, insentif biaya mencari kerja hanya diberikan pada saat penyelesaian pelatihan yang pertama.

Tidak ada insentif untuk pelatihan kedua dan seterusnya.

Telah memberikan ulasan (review) dan penilaian (rating) terhadap pelatihan di dashboard Anda

Telah berhasil menyambungkan nomor rekening bank atau e-wallet di akun laman www.prakerja.go.id Nomor rekening bank atau e-wallet yang didaftarkan telah tervalidasi (menggunakan NIK yang sama dengan NIK terdaftar di Kartu Prakerja dan sudah KYC atau akun e-money sudah premium/upgrade) oleh bank/perusahaan e-money terkait.

Program Kartu Prakerja adalah program bantuan biaya pelatihan untuk mengembangkan kompetensi, produktivitas, daya saing dan kewirausahaan angkatan kerja Indonesia melalui ekosistem yang dibangun dengan kemitraan multi-pihak.

Insentif Kartu Prakerja 2023 akan diperbesar

Program Kartu Prakerja masih akan berlanjut tahun 2023 mendatang. Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani, program Kartu Prakerja di 2023 akan diperbesar.

Hal senada juga disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Ekon) Airlangga Hartarto selaku Ketua Komite Cipta Kerja dalam Rapat Komite Cipta Kerja, Senin (03/10/2022), di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta.

Pemerintah akan melanjutkan program Kartu Prakerja di tahun 2023. Program ini akan lebih difokuskan pada bantuan peningkatan skill dan produktivitas angkatan kerja, berupa bantuan biaya pelatihan secara langsung kepada peserta dan insentif pascapelatihan dengan ragam pelatihan skilling, reskilling, dan upskilling.

“Program Kartu Prakerja akan lebih fokus pada peningkatan kompetensi angkatan kerja sebagaimana konsep awal program ini dicanangkan sebelum era pandemi COVID-19,” kata Airlangga

Dalam rapat tersebut, para anggota komite sepakat untuk memulai skema normal pada tahun 2023 dan akan melanjutkan skema semi bantuan sosial hingga akhir kuartal IV-2022 dengan besaran bantuan pelatihan dan insentif sama dengan sebelumnya.

“Pemerintah akan menambah anggaran sebesar Rp5 triliun dengan target 1,5 juta orang,” ujar Airlangga.

Lebih lanjut, Menko Ekon mengingatkan kepada seluruh pihak agar dapat mulai melakukan persiapan serta sosialisasi kepada seluruh pemangku kepentingan terkait adanya berbagai perubahan mengingat skema normal akan segera dilaksanakan pada awal tahun 2023.

Selanjutnya terkait dengan pelaksanaan skema normal tersebut, kata Airlangga, pada tahun 2023 pemerintah akan melakukan penyesuaian besaran bantuan yang diterima peserta senilai Rp4,2 juta per individu dengan rincian berupa bantuan biaya pelatihan sebesar Rp3,5 juta, insentif pascapelatihan Rp600 ribu yang akan diberikan sebanyak 1 kali, serta insentif survei sebesar Rp100 ribu untuk dua kali pengisian survei.

Program Kartu Prakerja tersebut akan diimplementasikan secara daring, luring, maupun bauran serta memungkinkan bagi penerima bantuan sosial (bansos) dari kementerian/lembaga lainnya seperti bantuan yang disalurkan Kementerian Sosial, Bantuan Subsidi Upah, atau Bantuan Pelaku Usaha Mikro (BPUM) untuk dapat menerima manfaat dari Kartu Prakerja.

Terakhir, guna mendukung pelaksanaan skema normal tersebut, Komite Cipta Kerja juga meminta kerja sama dan pendampingan antara Kejaksaan Agung, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), serta Kepolisian Negara Republik Indonesia dengan Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja yang sudah berlangsung sejak tahun 2020 agar tetap dilanjutkan.

Sebagai informasi, pada tahun 2022 Kartu Prakerja telah memberikan manfaat bagi 3,46 juta penerima dari 514 kabupaten/kota di Indonesia dengan total penerima sejak awal pelaksanaan program hingga mencapai 14,9 juta penerima. Sebanyak 53,6 persen peserta Kartu Prakerja di tahun 2022 ini di antaranya berasal dari 212 kabupaten/kota target penurunan kemiskinan ekstrem serta mencakup calon pekerja migran Indonesia (PMI).

Itulah informasi cara cek pengumuman penerima Kartu Prakerja gelombang 46. Selamat kepada penerima Prakerja gelombang 46, segera beli pelatihan untuk mendapatkan insentif tunai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×