kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45945,59   -4,58   -0.48%
  • EMAS933.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.41%
  • RD.CAMPURAN 0.26%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

KSAL: Sejarah pertempuran Laut Arafuru segera difilmkan


Senin, 18 Oktober 2021 / 23:40 WIB
KSAL: Sejarah pertempuran Laut Arafuru segera difilmkan
ILUSTRASI. Kapal Frigat Type31 pesanan TNI AL yang akan digarap oleh PT PAL

Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. TNI Angkatan Laut segera membuat film sejarah mengenai pertempuran Laut Arafuru yang terjadi di Laut Aru, Maluku pada 15 Januari 1962 antara Indonesia dengan Belanda.

Keseriusan TNI AL mendokumentasikan sejarah tersebut ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara TNI AL dan PT Indonesia Televisi Streaming Network (ITSN) tentang pembuatan film berjudul "Arafuru" di atas KRI Bung Tomo-357, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (18/10/2021).

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan, penandatanganan ini merupakan wujud dari upaya TNI AL dalam melestarikan nilai-nilai keteladanan dan kepemimpinan dari para prajurit Jalasena.

Baca Juga: Rekrutmen Perwira Prajurit Karier TNI masih dibuka untuk lulusan D4-S1, ini infonya

"Nilai-nilai perjuangan, keteladanan dan kepemimpinan yang telah ditorehkan oleh para prajurit Jalasena yakni Komodor Yos Sudarso beserta para kusuma bangsa patut menjadi contoh dan teladan bagi kita generasi penerus bangsa," ujar Yudo dalam keterangan tertulis, Senin.

Menurut Yudo, film bermakna heroik tentang pertempuran Laut Arafuru ini harus menjadi inspirasi serta memacu semangat prajurit TNI AL untuk terus membangun kekuatan angkatan perang.

Pembangunan kekuatan angkatan perang tersebut juga harus diawaki oleh prajurit-prajurit yang profesional, tangguh dan berkarakter.

Atas penandatanganan tersebut, Yudo menyampaikan terima kasih kepada PT ITSN karena membantu TNI AL dalam menyebarkan semangat juang.

"Serta mengedukasi masyarakat Indonesia tentang perjuangan-perjuangan TNI dalam mempertahankan kedaulatan bangsa," katanya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Perintahkan TNI Investasi Sektor Pertahanan

Film perjuangan yang dikenal dengan semboyan "kobarkan semangat pertempuran" ini akan diperankan sejumlah artis peran. 

Di antaranya Chiko Jericho sebagai Commodore Yos Soedarso dengan sutradara Viva Westi, Produser M Nolisman, visual efek Arnas Irmal dan Kkameramen Rahmat Syaiful.

Film ini direncanakan tayang pada 15 Januari 2023 bertepatan dengan Hari Dharma Samudera yang merupakan peringatan peristiwa sejarah tersebut. (Achmad Nasrudin Yahya)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "TNI AL Segera Buat Film Sejarah Pertempuran Laut Arafuru"

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×