kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

KPK akan periksa sembilan saksi kasus korupsi DOK Aceh besok


Kamis, 12 Juli 2018 / 22:55 WIB
KPK akan periksa sembilan saksi kasus korupsi DOK Aceh besok
ILUSTRASI. KPK TAHAN BUPATI BENER MERIAH

Berita Terkait

Reporter: Andi M Arief | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan memeriksa sembilan orang saksi terkait kasus korupsi Dana Otonomi Khusus (DOK) Aceh tahun 2018. Juru Bicara KPK, Febri Diansyah menjelaskan, sembilan saksi tersebut akan diperiksa di Polda Aceh, Jumat (13/7).

Sementara itu, KPK telah memeriksa 6 saksi terkait kasus korupsi DOK Aceh 2018. Febri menuturkan, keenam saksi tersebut melakukan klarifikasi dan konfirmasi informasi terkait pengadaan, aliran dana, serta komunikasi-komunikasi dalam perkara ini. "Jadi tadi sudah mulai dilakukan pemeriksaan saksi," imbuh Febri, Kamis (12/7).


Sebelumnya, Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf, diduga menerima "commitment fee" sebesar Rp 500 juta, yang merupakan bagian dari Rp1,5 miliar, dari realisasi proyek-proyek pembangunan infrastruktur yang bersumber dari DOK Aceh tahun 2018.

Bupati Bener Meriah, Ahmadi, dan Irwandi ditangkap saat Operasi Tangkap Tangan KPK, Selasa (3/7) lalu.

Dalam OTT di Aceh tersebut, tim KPK menemukan barang bukti diduga terkait suap kedua kepala daerah tersebut berupa uang tunai sebanyak Rp 50 juta dalam bentuk pecahan Rp 100 ribu dan bukti transaksi pengiriman atau transfer dana BCA dan Bank Mandiri, serta sejumlah dokumen catatan proyek terkait.



Video Pilihan

TERBARU

Close [X]
×