kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.310.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Klik Pengumuman-span.ptkin.ac.id, Hasil Pengumuman SPAN PTKIN 2023 Keluar Hari Ini


Senin, 03 April 2023 / 12:48 WIB
Klik Pengumuman-span.ptkin.ac.id, Hasil Pengumuman SPAN PTKIN 2023 Keluar Hari Ini
ILUSTRASI. Klik Pengumuman-span.ptkin.ac.id, Hasil Pengumuman SPAN PTKIN 2023 Keluar Hari Ini


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Segera buka link website https://pengumuman-span.ptkin.ac.id. Hasil Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) sudah diumumkan serentak hari ini, Senin 3 April 2023.

SPAN PTKIN adalah pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN, IAIN dan STAIN dalam satu sistem yang terpadu. SPAN PTKIN diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia.

Jalur SPAN PTKIN ini dilakukan berdasarkan penjaringan prestasi akademik siswa dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain, tanpa ujian tertulis.

Pengumuman hasil SPAN PTKIN 2023 ini disampaikan Ketua Panitia SPAN-PTKIN yang juga Rektor UIN Walisongo Semarang Imam Taufiq. Menurutnya, SPAN-PTKIN 2023 diikuti 176.413 siswa.

Hasil pengumuman kelulusan SPAN PTKIN 2023 bisa dilihat di laman berikut: https://pengumuman-span.ptkin.ac.id. Cara melihat hasil pengumuman kelulusan SPAN PTKIN 2023 cukup memasukan nomor NISN siswa.

Baca Juga: Daftar UTBK SNBT 2023 Di Reg-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id, Cek Universitas Terbaik

Peserta yang dinyatakan lulus SPAN PTKIN 2023 harus melakukan pendaftaran ulang. Prosedur daftar ulang SPAN PTKIN 2023 ditetapkan oleh masing-masing PTKIN.

“Kami sampaikan selamat kepada yang lulus, dan segeralah melakukan registrasi ke kampus masing-masing, dengan memanfaatkan skema beasiswa secara kompetitif yang diatur oleh masing-masing kampus PTKIN. Beasiswa itu di antaranya Kartu Indonesia Pintar (KIP), Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) yang bekerja sama dengan LPDP, Beasiswa Baznas, dan lainnya,” tutur Imam Taufiq di Semarang, Minggu (2/4/2023).

Imam Taufiq menambahkan, setelah penyelenggaraan SPAN-PTKIN selesai, Panitia Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru PTKIN akan menggelar seleksi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN).

“Bagi peserta yang belum lolos SPAN-PTKIN, kesempatan kuliah masih ada melalui jalur UM-PTKIN. Pendaftarannya akan dibuka pada 10 April sampai 15 Mei 2023,” jelasnya.

Perbedaan mendasar dari seleksi ini, jika SPAN tanpa ujian tulis, maka dalam UM-PTKIN akan dilakukan ujian berbasis komputer yang dilaksanakan di masing-masing PTKIN. Link pendaftaran UM-PTKIN adalah sebagai berikut: https://um.ptkin.ac.id/.

PTKIN terbaik 2023

Sebelum daftar UM-PTKIN 2023, cermati daftar PTKIN terbaik tahun 2023 agar tidak salah pilih. Pastikan Anda memilih PTKIN terbaik di Indonesia tahun 2023 untuk mewujudkan cita-cita.

Dilansir dari website resmi Kemenag, Webometrics Ranking Web of Universities kembali merilis daftar perguruan tinggi atau universitas terbaik di dunia. Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) pun berhasil masuk dalam daftar tersebut.

Webometrics adalah sistem pemeringkatan untuk perguruan tinggi di dunia dalam hal kinerja dan dampak publikasi dengan memperhitungkan 3 indikator: openness, excellence, dan visibility.

Pemeringkatan webometrics ini seringkali dijadikan acuan bagi para lulusan SMA maupun mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi.

Berikut 10 PTKN terbaik versi Webometrics Januari 2023:

1. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung (UIN SGD Bandung)

UIN Sunan Gunung Djati Bandung menjadi PTKN terbaik se-Indonesia tahun 2023 berdasarkan peringkat Webometrics. Dalam pemeringkatan tersebut, diketahui juga bahwa universitas yang berlokasi di Jalan A.H. Nasution no. 105, Cibiru, Bandung ini berada pada ranking ke-3.329 dunia versi Webometrics. Peringkat ini naik dibanding saat rilis Juli 2021 yang berada di ranking ke-3.913

Informasi selengkapnya tentang universitas yang memiliki sembilan fakultas ini dapat diakses pada laman https://uinsgd.ac.id/.

2. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta (UIN Syahid Jakarta)

Di posisi ke-2 PTKN terbaik di Indonesia ditempati UIN Syahid Jakarta. Universitas yang telah melahirkan banyak cendekiawan ini menduduki peringkat ke-3.697 dari universitas dunia versi Webometrics. Peringkat ini juga naik dibanding rilis Juli 2021. Saat itu, UIN Jakarta berapa pada peringkat ke-4.317 dunia.

Kampus yang berlokasi di Ciputat, Tangerang Selatan ini juga merupakan cikal bakal pengembangan pendidikan tinggi Islam di Indonesia. Informasi terkait UIN Syahid Jakarta dapat diakses pada laman https://www.uinjkt.ac.id/id/.

3. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Di posisi ke-3 PTKN terbaik di Indonesia 2023 versi Webometrics ada UIN Sunan Ampel Surabaya. Universitas yang memiliki visi untu menjadi universitas Islam yang unggul dan kompetitif bertaraf internasional ini berada pada posisi ke-4.062 dunia versi Webometrics, atau naik dari ranking ke-5235 pada rilis Juli 2021. Info tentang universitas yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur ini dapat diperoleh melalui laman https://w3.uinsby.ac.id/.

4. IAIN Palangka Raya

Institus Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya menjadi PTKIN terbaik di Indonesia 2023 yang berada pada peringkat berikutnya. Kampus yang memiliki visi “Menjadi perguruan Tinggi yang Unggul, Berkarakter Islami Terpercaya di kawasan Asia pada Tahun 2039” ini berada pada ranking ke-5.035 dunia versi Webometrics Januari 2023.

Info tentang kampus ini dapat diperoleh melalui laman https://www.iain-palangkaraya.ac.id/site/

5. UIN Ar-Raniry Aceh

Pada urutan berikutnya PTKIN terbaik di Indonesia 2023 ada UIN Ar-Raniry, Aceh. Berdasarkan rilis Webometrics Januari 2023, kampus ini menempati ranking ke-5.351 dunia. Info selengkapnya terkait kampus yang awal berdirinya merupakan Fakultas Syari'ah dan Fakultas Tarbiyah cabang IAIN Sunan Kalidjaga Yogyakarta pada 1960 an ini dapat diperoleh melalui https://uin.ar-raniry.ac.id/index.php/id.

Adapun lima PTKN terbaik lainnya yang masuk 10 besar terbaik di Indonesia versi Webometrics yang dirilis Januari 2023 adalah IAIN Ponorogo (5.360), UIN Alauddin Makassar (5.370), UIN Walisongo (5.432), Institut IAIN Kendari (5.548), dan UIN Raden Intan Lampung (5.695)

Demikianlah info pengumuman SPAN PTKIN 2023 yang telah tersedia di website https://pengumuman-span.ptkin.ac.id dan daftar universitas / PTKIN terbaik Indonesia versi Webometric 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×