kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ketua DPR ingin dorong kerja sama penanganan Covid-19 dengan parlemen internasional


Selasa, 23 Februari 2021 / 14:17 WIB
Ketua DPR ingin dorong kerja sama penanganan Covid-19 dengan parlemen internasional
ILUSTRASI. Ketua DPR Puan Maharani


Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketua DPR Republik Indonesia Puan Maharani mendorong kerja sama penanganan virus corona (Covid-19) dengan parlemen internasional. Salah satu yang menjadi perhatian berkaitan dengan pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

Meski sejumlah negara telah melaksanakan vaksinasi, tetapi ketersediaan vaksin masih belum merata. "Speakers Conference perlu terus mendorong terjaminnya akses adil bagi vaksin yang aman, efektif dan berkualitas bagi semua orang," ujar Puan dalam pertemuan virtual The Preparatory Committee of The Fifth World Conference of Speakers of Parliament seperti dikutip dalam keterangan pers, Selasa (23/2).

Politisi PDI Perjuangan itu menegaskan, konferensi antar Parlemen dari 19 negara anggota Intern Parliamentary Union (IPU) kali ini merupakan forum yang tepat untuk mempererat kemitraan global. Hal itu untuk memperkuat solidaritas bersama dalam menangani pandemi Covid-19.

Baca Juga: Waspada! 14 Gejala Covid-19 ringan hingga sedang yang bisa bertahan 6 bulan

Untuk itu, ia mengusulkan bahwa pembahasan dalam konferensi fokus pada isu pemulihan pascapandemi. Rencananya konferensi akan digelar pada September 2021 mendatang.

"Pembahasan perlu difokuskan pada isu pemulihan pasca pandemi sehingga kita bisa bersama-sama melakukan hal-hal yang kemudian bisa dilakukan bersama oleh semua negara," kata Puan.

Hal itu termasuk juga mengenai berbagi pengalaman bagaimana meningkatkan kepemimpinan parlemen untuk berkontribusi menangani pandemi dan melakukan pemulihan pasca pandemi.

Selain itu, menurut Puan, dalam konferensi ini nantinya perlu untuk memastikan agar pemulihan pasca pandemi dapat dilakukan sejalan dengan pencapaian SDGs, Paris Climate Agreement, geopolitik, persamaan gender dan isu-isu lainnya.

Selanjutnya: Kemenkes pastikan vaksinasi lansia telah siap dan meminta dukungan semua pihak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×