kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kementerian PUPR: SPAM Ir. H. Djuanda bakal berkapasitas 10.000 liter per detik


Kamis, 28 Mei 2020 / 16:54 WIB
Kementerian PUPR: SPAM Ir. H. Djuanda bakal berkapasitas 10.000 liter per detik
ILUSTRASI. Sistem penyediaan air minum (SPAM) regional Ir. H. Djuanda akan memiliki kapasitas air baku sebanyak 10.000 liter per detik.


Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebutkan, sistem penyediaan air minum (SPAM) regional Jatiluhur II atau SPAM regional Ir. H. Djuanda akan memiliki kapasitas air baku sebanyak 10.000 liter per detik.

"Pembangunan direncanakan akan melayani pemenuhan air minum di area DKI Jakarta, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Bogor dengan memanfaatkan alokasi air baku dari Waduk Jatiluhur sebesar 10.000 liter per detik," ujar Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Kementerian PUPR Eko Heri Djulipurwanto dalam konsultasi publik proyek KPBI SPAM Ir. H. Djuanda yang dilakukan secara daring, Kamis (28/5).

Adapun, berdasarkan hasil pra studi kelayakan, SPAM Ir. H. Djuanda ini akan mampu memenuhi air minum di beberapa wilayah tersebut sebanyak 9.350 liter per detik.

Baca Juga: Kementerian PUPR pastikan proyek konstruksi tetap berjalan di tengah pandemi corona

Untuk DKI Jakarta total pelayanan air minum bisa mencapai 3.500 per detik dan ini difokuskan di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur dengan kecamatan prioritas yakni Kecamatan Pasar Minggu, Kecamatan Mampang Prapatan, Kecamatan Pancoran, Kecamatan Pasar Rebo, Kecamatan Ciracas, dan Kecamatan Cipayung.

Total air minum yang bisa disalurkan ke Kota Bekasi ada sebanyak 1.000 liter per detik, dengan 3 kecamatan prioritas yakni Medansatria, Bekasi Utara dan Bekasi Timur. Ada 2.000 liter per detik air yang bisa disalurkan ke Kabupaten Bekasi untuk 5 kecamatan prioritas yakni Cikarang Timur, Kedungwaringin, Cikarang Utara, Karangbahagia, dan Cikarang Barat.

Untuk Kabupaten Karawang ada 850 liter per detik air yang disalurkan, dengan 3 kecamatan prioritas yakni Purwasari, Majalaya, dan Klari. Sementara untuk Kabupaten Bogor ada 2.000 liter air per detik yang bisa disalurkan yakni untuk 2 kecamatan prioritas yaitu Cileungsi dan Gunung Putri.

Eko mengatakan, tercapainya pelayanan air minum bagi penduduk Indonesia sudah diamanatkan dalam RPJMN 2020-2024, dan menjadi prioritas di kawasan perumahan dan permukiman.

"Sebagai salah satu infrastruktur pelayanan dasar yang vital, kondisi prasaranan dan serana air minum memberikan pengaruh besar pada kesehatan dan lingkungan yag berdampak luas bagi tingkat perekonomian keluarga dan pembangunan ekonomi wilayah di indonesia," lanjut Eko.

Baca Juga: Dana tersedia, LMAN komitmen bayarkan dana talangan tanah ke BUJT




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×