kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.012,04   -6,29   -0.62%
  • EMAS990.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.27%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.09%

Kementan Jamin Stok 12 Komoditi Pangan Aman Jelang Ramadan dan Lebaran


Selasa, 22 Maret 2022 / 15:51 WIB
Kementan Jamin Stok 12 Komoditi Pangan Aman Jelang Ramadan dan Lebaran
ILUSTRASI. Kementan memastikan 12 komoditi pangan stoknya aman menjelang bulan Ramadan dan Lebaran.


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah menjamin ketersediaan stok 12 komoditi pangan relatif aman menjelang Ramadhan hingga Lebaran. Sebanyak 12 komoditi yang dimaksud meliputi, beras, jagung, kedelai, bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, cabai rawit merah, daging sapi, daging ayam ras, telur ayam, gula konsumsi dan minyak goreng.

“Untuk beras jagung, bawang merah, cabe merah, daging, ayam telur ayam dan minyak goreng ketersediaanya diperkirakan dapat dipenuhi dari produksi dalam negeri. Namun, komoditi kedelai, bawang putih, daging sapi dan gula konsumsi pemenuhannya selain dari produksi dalam negeri juga dari impor," kata Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam rapat kerja dengan Komisi IV DPR, Selasa (22/3).

Menurut Syahrul, Kementerian Pertanian sudah mempersiapkan langkah antisipasi untuk menjaga stok pangan jelang Ramadan hingga Lebaran. Dia menyebutkan, stok beras hingga akhir Mei 2022 diperkirakan 9,84 juta ton dengan telah memperhitungkan panen raya.

Baca Juga: Sambut Ramadan, Ini Strategi Satgas Pangan Polri Dukung Pemerintah Jamin Stok Sembako

Syahrul juga mengatakan, Kementan telah menyusun agenda dalam rangka stabilisasi pasokan dan harga. Misalnya, dalam mengatasi lonjakan harga kedelai, telah disusun agenda meliputi, agenda jangka pendek dengan membangun barber stok 20.000 ton per bulan in out.

Lalu, agenda temporeri yaitu memperluas tanaman kedelai di bulan April, Juni, dan Juli-Oktober masing-masing 300.000 hektare. Dan yang ketiga agenda permanen yaitu memperluas tanaman kedelai dengan target 1 juta hektare pada beberapa tahun ke depan.

“Agenda yang sama juga dilakukan untuk menjaga stabilitas dan ketersediaan pangan pokok lainya seperti bawang merah, cabai, daging sapi dan minyak goreng dan gula,” kata Syahrul.

Baca Juga: Menperin: Pemerintah Rombak Total Kebijakan Minyak Goreng Sawit Curah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×