kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kemenkop UKM: Event Internasional Ikut Dorong Pemulihan UMKM Lebih Cepat


Jumat, 03 Juni 2022 / 17:07 WIB
Kemenkop UKM: Event Internasional Ikut Dorong Pemulihan UMKM Lebih Cepat
ILUSTRASI. Pengunjung memilih busana yang diolah dengan teknik ecoprint di The Plaza Semanggi, Jakarta Selatan, Minggu (10/4). (KONTAN/Baihaki)


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Semakin terkendalinya pandemi Covid-19 pada paruh pertama 2022, telah membuat pemulihan koperasi dan UMKM yang sempat terdampak pandemi, dapat berlangsung lebih cepat.

Kementerian Koperasi dan UKM melalui Deputi Usaha Mikro terus melaksanakan serangkaian program dan kegiatan untuk melakukan penguatan, pengembangan dan mendorong kemajuan bidang usaha mikro agar dapat naik kelas.

Deputi Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM, Eddy Satriya mengatakan, salah satunya melibatkan UMKM ke dalam penyelenggaraan kegiatan internasional. Eddy menyampaikan, keterlibatan Usaha Mikro di berbagai event internasional juga telah dilaksanakan dengan baik.

"Alhamdulillah sudah berjalan dengan baik, kita memfasilitasi usaha mikro untuk promosi di ruang infrastruktur publik seperti event MotoGP di Mandalika kemarin dan Gernas BBI di Batam, serta kemarin Event Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) di Bali," kaya Eddy dalam Konferensi Pers Virtual, Jumat (3/6).

Baca Juga: Amartha Targetkan Merekrut Tenaga Kerja Hingga 5.000 Orang dalam Lima Tahun ke Depan

Tak hanya akses berusaha dan pameran, Eddy mengatakan untuk mendukung Event G20 juga dilaksanakan pelatihan Kompetensi untuk Bidang Ekspor dan Barista kepada Pelaku Usaha Mikro.

Khusus di bidang Barista dilakukan di Aceh, Jawa Tengah, Bali dan Nusa Tenggara Barat. Pemilihan lokasi pelatihan ini guna mendukung kegiatan G20 dan yang memiliki sentra produksi kopi. Namun Eddy menyebut, pelatihan Barista untuk mendukung Event G20 diberikan dengan jumlah peserta yang terbatas.

Selain event internasional, Kemenkop UKM juga membantu pemasaran pelaku UMKM dengan memanfaatkan momentum mudik lebaran lalu.

Kementerian Koperasi dan UKM berkolaborasi dengan stakeholder, diantaranya Dinas Koperasi dan UKM, Kabupaten Bekasi, PT Jasa Marga, Perum Bulog, PT Japek Tol Nusantara, PT Mayora Indah Tbk, dan Himpunan Pengusaha Nahdliyin, telah menyelenggarakan kegiatan Bazar Mudik Lebaran 2022.

Baca Juga: Dagangan Raih Pendanaan Pra-Seri B US$ 6,6 Juta, Dipimpin BTPN Syariah Ventura

Adapun kegiatan dilaksanakan di Rest Area 39 A Ruas Tol Jakarta - Cikampek pada tanggal 28-30 April 2022. Sebanyak 45 pelaku Usaha mikro dari wilayah Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang dan Kabupaten Purwakarta turun berpartisipasi. Acara sejenis juga diadakan di Rest Area 519 A di Kabupaten Sragen dan Rest Area 360 A dan Rest Area 456 A.

"Momentum Idul Fitri tahun ini juga telah dimaksimalkan sebagai momentum untuk bangkitnya kembali UMKM Indonesia,” kata Eddy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×