kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kemenkeu dorong generasi muda ciptakan ide edukasi keuangan dan investasi


Minggu, 15 Agustus 2021 / 17:35 WIB
Kemenkeu dorong generasi muda ciptakan ide edukasi keuangan dan investasi


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kemajuan teknologi dan komunikasi berdampak pada berkembangnya pengetahuan di berbagai bidang, termasuk sektor keuangan dan investasi. Melihat fenomena itu, Ditjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menantang generasi milenial untuk berinovasi menciptakan edukasi keuangan dan investasi lewat InFest Inkubasi 2021. 

Kabag Organisasi, Tata Laksana dan Layanan Informasi DJPPR, Kemenkeu, Anton Fairdian mengatakan, tantangan ini bertujuan untuk membangun literasi keuangan dan investasi yang mulai digandrungi generasi milenial.  

“Jadi, kami ingin melihat masyarakat dari mulai masyarakat awam yang mau menabung, menuju masyarakat melek finansial. Dalam arti melek menuju masyarakat yang berpengetahuan penuh dengan investasi,” ujar Anton Fairdian,  dalam siaran pers, Minggu (15/8).

Baca Juga: Lelang sukuk banjir peminat, ini faktor yang menopangnya

Anton melihat tingkat pemahaman generasi muda khususnya milenial mulai meningkat seiring berkembangnya informasi di internet dan sosial media. Namun, hal tersebut menyisakan pekerjaan rumah yang mesti dibenahi, khususnya oleh pemerintah.

Maraknya informasi tentang keuangan dan investasi membuat generasi muda rentan terjerumus penipuan bermodus investasi. 

“Sekarang ada media sosial, ada banyak influencer keuangan mulai tumbuh, namun masih ada pekerjaan rumah yang belum dilaksanakan menurut kami, melihat maraknya investasi bodong, sehingga anak muda tuh begitu ada tawaran iming-iming besar, ada keuntungan besar, langsung tertarik aja, nggak paham ada risikonya,” imbuh Anton. 

Oleh sebab itu, DJPPR Kemenkeu melalui InFest Inkubasi 2021 tengah berupaya menciptakan ekosistem edukasi keuangan dan investasi yang inklusif dengan mengajak generasi milenial berpartisipasi. 

“Kami melihat rasanya anak-anak muda yang kayak gini perlu kita edukasi juga, perlu kita dekati, perlu kita bimbing ke arah yang lebih baik, sehingga menurut sisi kami sih pemahaman yang ada saat ini sudah mulai ada, tapi masih banyak PR yang perlu diedukasi kepada masyarakat,” pungkas Anton.

Selanjutnya: Perbankan masih akan mendominasi lelang SUN pekan depan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×