kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Kemenhub hibahkan 37 unit Kapal Pelra ke pemerintah daerah


Sabtu, 12 Oktober 2019 / 07:30 WIB

Kemenhub hibahkan 37 unit Kapal Pelra ke pemerintah daerah

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menghibahkan 37 unit kapal pelayaran rakyat (Pelra) kepada 34 pemerintah daerah baik pemerintah kota dan pemerintah kabupaten.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Agus H Purnomomengtakan, 37 unit kapal yang dihibahkan kepada pemda ini akan segera dimobilisasi dalam waktu dekat atau tahun ini.

Baca Juga: Kemenhub: Mekanisme kenaikan tarif angkutan penyeberangan dilakukan bertahap

Menurut Agus, pengadaan kapal Pelra oleh Kementerian Perhubungan dilakukan bertujuan untuk mendukung konektivitas antar daerah di seluruh wilayah Indonesia lebih meningkat sehingga masyarakat yang berada di daerah yang sangat terpencil pun dapat merasakan manfaat dari program tol laut.

Dia berharap kapal pelra tersebut dapat menjangkau daerah yang sangat terpencil dan mampu mengangkut barang sekitar 10 ton dan penumpang sebanyak 24 orang.

Agus pun meminta seluruh Kepala Daerah penerima kapal Pelra, agar memanfaatkan kapal pelra  untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat dan merawat kapal yang dihibahkan  sehingga manfaat yang ditimbulkan lebih optimal.

“Kami berharap kapal ini bisa dimanfaatkan dan berguna bagi masyarakat setempat. Sehingga nantinya bisa membantu kehidupan masyarakat sekitar membaik, bermanfaat, dan memberikan dampak sosial ekonomi daerah masing-masing,” kata Agus seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id, Jumat (11/10).

Baca Juga: Pengusaha berharap tarif angkutan penyeberangan naik sebelum pelantikan presiden

Sementara, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Wisnu Handoko mengatakan, dari hasil pembangunan kapal pelra sebanyak 94 unit melalui dana Tahun Anggaran 2018, telah diserahkan secara simbolis oleh Menteri Perhubungan sebanyak 12  unit kapal kepada 12 Pemerintah Daerah pada tanggal 15 April 2019 di Surabaya dan sebanyak 44 unit kapal diserah terimakan pada tanggal 18 Juli 2019.

Setelah pemberian hibah sebanyak 34 kapal ini, Wisnu menyebut akan memberikan hibah kembali dalam waktu dekat. "Menyusul 13  unit kapal lagi akan segera dihibahkan setelah persyaratan administratif terpenuhi,” ujar Wisnu.

Baca Juga: Catat, tarif angkutan penyeberangan antarprovinsi juga bakal naik


Reporter: Lidya Yuniartha
Editor: Noverius Laoli

Video Pilihan

Terpopuler

Close [X]
×