kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.002,64   7,42   0.75%
  • EMAS981.000 0,41%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Kemenag Siapkan Santunan Untuk Korban Robohnya Tembok MTsN 19 Jakarta


Jumat, 07 Oktober 2022 / 10:33 WIB
Kemenag Siapkan Santunan Untuk Korban Robohnya Tembok MTsN 19 Jakarta
ILUSTRASI. Kemenag Siapkan Santunan Untuk Korban Robohnya Tembok MTsN 19 Jakarta


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Duka mendalam terjadi Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 19 Jakarta. Tiga siswa MTsN 19 Jakarta meninggal dunia akibat robohnya tembok sekolahan pada Kamis 6 Oktober 2022. Kementerian Agama (Kemenag) menyiapkan santunan untuk keluarga korban ambruknya tembok MTsN 19 Jakarta.

Dilansir dari Kompas.com, tembok MTsN 19 Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan, roboh pada saat hujan deras melanda sebagian besar wilayah Ibu Kota, Kamis (6/10/2022) sore. Tembok yang menjadi pembatas antara area sekolah MTsN 19 Jakarta dengan permukiman warga itu roboh akibat banjir yang menggenangi kawasan tersebut.

Tembok yang terdorong arus banjir menimpa sejumlah anak yang sedang bermain hujan di baliknya. Tiga siswa MTsN 19 Jakarta tewas di tempat kejadian.

Berikut nama korban robohnya tembok MTsN 19 Jakarta

  • Dicka Safa Ghifari (13)
  • Muh. Adnan Efendi (13)
  • Dendis Al Latif (13).

Sementara, dua orang mengalami luka-luka, yakni bernama Adisya Daffa Alluti (13) dan Nabila Ika Fatimah (15).

Atas kejadian ini, Kemenag akan memberikan santunan untuk keluarga korban. "Menag Yaqut Cholil Qoumas dan keluarga besar Kementerian Agama sangat berduka dengan musibah yang terjadi di MTsN 19," terang Juru Bicara Kementerian Agama Anna Hasbie di Jakarta, dalam keterangan resmi.

"Kita doakan, anak-anak yang wafat saat mencari Ilmu ini mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah Swt. Keluarganya diberi ketabahan dan kesabaran. Dua siswa yang dirawat segera sehat dan bisa kembali belajar. Aamiin," harapnya.

Baca Juga: Anies Baswedan Melayat ke Rumah Korban Tewas Tembok Roboh MTsN 19

Menurut Anna, Menag Yaqut Cholil Qoumas sudah memberikan arahan kepada jajaran Pendidikan Islam untuk mendatangi lokasi kejadian dan segera memperbaiki sarana dan prasarana madrasah. Menag juga minta agar para korban mendapatkan santunan dan bantuan perawatan.

"Saat ini sudah memasuki musim hujan, curah hujan juga sangat tinggi. Kondisi ini agar menjadi perhatian bersama seluruh stakeholders pendidikan di madrasah dalam proses pembelajaran," tutur Anna.

Profil sekolah MTsN 19 Jakarta

Merujuk website resmi, MTsN 19 Jakarta sebelumnya adalah kelas jauh dari Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Mampang Jakarta Selatan yang berlokasi di Mampang Jakarta Selatan. Kegiatan belajar mengajar pertama di MTsN 19 Jakarta dimulai pada tahun pelajaran 1995/1996 dengan menempatkan siswa kelas I MTsN 1 Mampang Jakarta Selatan.

Berdasarkan keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 107 Tahun 1997 tentang Pembukaan dan Penegerian Madrasah tertanggal 17 Maret 1997, MTsN 19 Jakarta resmi menjadi madrasah  negeri mandiri lepas dari madrasah induknya.

MTsN 19 Jakarta berlokasi di Jl. Pinang Kalijati Pondok Labu Jakarta Selatan. MTsN 19 Jakarta mendapatkan nilai akreditasi A (unggul) tahun 2019 berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Sekolah / Madrasah Nomor : 752 / BAN-SM / SK / 2019 Tentang Penetapan Hasil dan Rekomendasi Akreditasi Sekolah / Madrasah Provinsi DKI Jakarta Tahap 1.

MTsN 19 Jakarta memiliki beragam fasilitas yang dapat menunjang kegiatan belajar. Antara lain ruang OSIS, fasilitas inklusif, Lab IPA, dan masjid. Selain itu, MTsN 19 Jakarta memiliki perpustakaan, kantin sekolah, area parkir, lapangan olahraga, ruang komite, toilet siswa, ruang PTSP, dan ruang kelas.

Baca Juga: Tembok Roboh Akibat Banjir Jakarta Kamis (6/10), Dua Orang Meninggal Dunia

Salah satu misi MTsN 19 Jakarta adalah “Menciptakan suasana pembelajaran yang menantang, menyenangkan, komunikatif tanpa takut salah dan demokratis serta tanpa melihat keterbatasan agar memberikan hasil terbaik bagi perkembangan peserta didik.” Untuk mewujudkannya MTsN 19 Jakarta melakukan suatu terobosan baru yaitu dengan melaksanakan pendidikan inklusif.

Sejak tahun 2015, MTsN 19 Jakarta melaksanakan pendidikan inklusif untuk anak-anak berkebutuhan khusus. Hal ini pulalah yang sampai saat ini menjadi keunggulan dan ciri khas dari MTsN 19 Jakarta.

Hingga tahun pelajaran 2021/2022 ini Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK) MTsN 19 Jakarta adalah anak-anak dengan hambatan penglihatan (tuna netra dan low vision), hambatan gerak (tuna daksa), hambatan intelektual ringan dan autis ringan. (

Semoga petaka di MTsN 19 Jakarta tidak terulang di tempat lain.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×