kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kemenag pastikan tidak ada kenaikan UKT mahasiswa PTKIN


Minggu, 07 Juni 2020 / 19:49 WIB
Kemenag pastikan tidak ada kenaikan UKT mahasiswa PTKIN
ILUSTRASI. Sejumlah mahasiswa baru dari Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) mengikuti kegiatan Wawasan Kebangsaan di Kupang, NTT Jumat (31/8). Kegiatan Wawasan Kebangsaan yang diikuti oleh 1.686 mahasiswa baru, dengan pemateri Komandan Korem 161/Wirasakti Bri


Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Agama (Kemenag) menjamin tidak ada kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT) bagi mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) pada masa Pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag Kamarudin Amin menanggapi rumor yang berkembang terkait kenaikan UKT.

“Informasi adanya kenaikan UKT yang diberlakukan kepada mahasiswa UIN, IAIN, dan STAIN tidaklah benar,” kata Kamarudin dalam keterangan tertulisnya, Minggu (7/6).

Kamarudin mengatakan, besaran UKT mahasiswa ditetapkan setiap tahun akademik. Besaran UKT untuk tiap-tiap mahasiswa ditentukan oleh Pimpinan PTKIN dan ditetapkan oleh Keputusan Menteri Agama (KMA) setiap tahun.

“UKT Mahasiswa Baru tahun akademik 2020/2021 telah ditetapkan berdasarkan KMA 1195/2019 tertanggal 27 Desember 2019,” terang dia.

Baca Juga: Inilah poin-poin penting panduan Kemendikbud selama belajar dari rumah

Namun, lanjut Kamaruddin, jika terjadi perubahan kemampuan ekonomi, mahasiswa bisa mengajukan keringanan pembayaran UKT. Perubahan kemampuan ekonomi itu misalnya karena orang tua/wali meninggal dunia atau karena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dengan syarat-syarat tertentu.

Pada masa pandemi Covid-19, lanjut Kamaruddin, semua pihak harus bersama-sama memberikan empati terhadap siapa saja yang mengalami kesulitan, termasuk menurunnya ekonomi orang tua/wali mahasiswa.

Sementara itu, Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Arskal Salim mengatakan, Kemenag terus berikhtiar membantu mahasiswa terdampak Pandemi Covid-19. Penyesuaian regulasi tengah dibahas agar ada ruang memberikan keringanan pembayaran UKT.

Menurutnya, ada sejumlah opsi yang sedang dimatangkan, antara lain: perpanjangan waktu pembayaran, pengangsuran UKT (khusus PTKIN BLU) hingga pengurangan UKT.

"Regulasinya masih di bahas. Mekanisme terhadap keringanan UKT nantinya akan ditentukan oleh Pimpinan PTKIN masing-masing," kata Arskal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×